Mohon tunggu...
Deira RizkiaNadila
Deira RizkiaNadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa program studi Sains Informasi Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Memetakan Partisipasi Ibu-Ibu Kelurahan Gumuruh Bandung pada Program Buruan Sae Juli 2022

9 Agustus 2022   08:00 Diperbarui: 9 Agustus 2022   08:01 52 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi DISPANGTAN

Buruan Sae adalah program yang digalakan oleh Dinas Pangan dan Pertanian (DISPANGTAN) Kota Bandung yang bergelut dalam bidang urban farming terintegrasi. Buruan Sae ditujukan sebagai solusi mengurangi ketimpangan dan permasalahan pangan di Kota Bandung. Program ini digalakan dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan untuk bercocok tanam dengan tujuan mencukupi kebutuhan pangan keluarga. Buruan Sae diadakan melalui 7 sektor, yakni ikan, sayur, proses kompos, ternak, pembibitan, toga (tanaman obat keluarga), dan buah. 

Buruan Sae merupakan program yang bersifat memberdayakan dan memandirikan masyarakat Kota Bandung. Bagi ibu-ibu, Buruan Sae dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari secara mandiri. Sesuai dengan Tagline dari Buruan Sae yakni "Sehat, Alami, dan Ekonomis", program ini dapat menyediakan bahan pangan yang aman dari pestisida kimia, alami karena ditanam dengan media alami, serta menghasilkan komoditas yang dapat dikonsumsi sendiri bahkan dijual dalam skala mikro. Program ini tentunya dapat juga menjadi alternatif bagi para ibu dalam menyiasati kenaikan harga bahan pangan yang kadan terjadi pada waktu-waktu tertentu. 

Melalui Sistem Informasi Geografi (SIG), data partisipan Buruan Sae dapat divisualisasikan menjadi peta yang menarik dan mudah dipahami. Peta yang menampilkan tingkat partisipasi ibu-ibu di Kelurahan Gumuruh terhadap Program Buruan Sae ini divisualisasikan dengan skema warna gradasi yang mewakili jumlah dari partisipan. Warna putih mewakili 0 partisipan, sedangkan hijau tua mewakili 10 partisipan. Tingkat partisipasi juga digambarkan melalui simbol bulatan merah yang terletak pada setiap wilayah RW. Bulatan kecil mengartikan jumlah partisipan rendah, sedangakan bulatan besar mengartikan partisipan yang tinggi. 

Data yang divisualisasikan pada peta ini mengacu pada data Kelurahan Gumuruh, Kecamatan Batununggal, terkait jumlah para Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang mengikuti sosialisasi Program Buruan Sae pada 18 Juli 2022. Berdasarkan data Kelurahan Gumuruh, diketahui bahwa dari 12 Rukun Warga (RW), terdapat 53 partisipan yang antusias mengikuti sosialisasi Program Buruan Sae. Tingkat partisipasi tersebut dapat diamati pada peta, yakni  RW 06 yang diketahui memiliki partisipan sebanyak 10 orang, kemudian disusul dengan RW 05 dengan warna hijau agak muda yang mewakili 6 partisipan. 

Diharapkan melalui visualisasi peta, tingkat partisipasi dari program pemerintah dapat lebih mudah diamati, serta dievaluasi tingkat keberhasilannya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan