Mohon tunggu...
Deftiyani Rp
Deftiyani Rp Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Singaperbangsa karawang

ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Literasi Media Sosial Instagram pada Generasi Milenial di Era Digital

19 Mei 2022   01:15 Diperbarui: 19 Mei 2022   01:17 630
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Generasi milenial beberapa tahun belakangan ini sering didengungkan, terutama di media sosial. Generasi ini merupakan generasi yang sangat dekat dengan dunia digital karena menjadikan digital sebagai ruang pribadinya dalam mengakses, mendapatkan, membagikan semua bentuk informasi yang mereka temui di internet. 

Apapun yang mereka temui  segera dijadikan sumber informasi untuk dibagikan ke publik. Tidak jarang jika generasi milenial ini disebut sebagai masyarakat digital yang dengan mudahnya memviralkan apapun yang terjadi didunia maya. 

Salah satu media yang dijadikan sebagai tempat eksis memviralkan semua informasi di internet adalah media sosial. 

Sering kali kita mendengar dan melihat informasi-informasi yang menjadi viral di media sosial yang dibagikan oleh generasi milenial ini, padahal belum tentu apa yang mereka viralkan itu adalah benar.

Apa itu literasi media pada generasi milenial di era digital? Literasi media di era digital merupakan seperangkat kemampuan yang harus dimiliki seseorang dalam menyaring informasi sekaligus menggunakan perangkat digital seperti internet yang melibatkan kemampuan teknis dan kecerdasan kognitif.

Literasi media dapat dikatakan sebagai suatu proses mengakses, menganalisis secara kritis pesan media, dan menciptakan pesan menggunakan alat media (Hobbs, 1996). 

Rubin (1998) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi media adalah pemahaman sumber, teknologi komunikasi, kode yang digunakan, pesan yang dihasilkan, seleksi, interpretasi, dan dampak dari pesan tersebut. Maka dapat dikatakan bahwa adanya Internet atau media baru ini membuat pola komunikasi manusia berubah.

Media sosial adalah sebuah wadah untuk mendapatkan informasi dan berbagi informasi oleh pengguna satu ke pengguna lainnya, dan media sosial juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi. (Kaplan & Haenlein, 2010). 

Boyd dalam Nasrullah (2015) menjelaskan bahwa media sosial sebagai kumpulan perangkat lunak yang memungkinkan individu maupun komunitas untuk berkumpul, berbagi, berkomunikasi, dan dalam kasus tertentu saling berkolaborasi atau bermain. 

Media sosial memiliki kekuatan pada user-generated content (UGC) dimana konten dihasilkan oleh pengguna, bukan oleh editor sebagaimana di institusi media massa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun