Mohon tunggu...
DEFIA CHANSHA
DEFIA CHANSHA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Life is a change

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Pendidikan Agama Islam di Zaman Modern

5 Juli 2021   00:58 Diperbarui: 5 Juli 2021   01:12 333 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Pendidikan Agama Islam di Zaman Modern
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENTINGYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ZAMAN MODERN

Berbicara mengenai zaman modern, sebenarnya apa yang dimaksud dengan zaman modern ?

Zaman modern adalah Zaman ditandai dengan perkembangan pesat di bidang ilmu pengetahuan, politik, dan teknologi. Dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, seni modern, politik, iptek, dan budaya tak hanya mendominasi Eropa Barat dan Amerika Utara, namun juga hampir setiap jengkal daerah di dunia. 

Lalu apa hubungan pendidikan agama di zaman modern ini? hubungan pendidikan agama di zaman modern ini dimulai dari berbagai macam pemikiran yang pro maupun yang kontra terhadap dunia Barat. Peperangan brutal dan masalah lain dari masa ini, banyak diakibatkan dari pertumbuhan yang cepat, dan hubungan antara hilangnya kekuatan norma agama dan etika tradisional. Hal ini menimbulkan banyak reaksi terhadap perkembangan modern. 

Di zaman modern ini banyak sekali manusia yang terlena dengan teknologi yang semakin canggih. teknologi yang canggih menjadikan manusia semakin malas untuk melakukan suatu aktivtas dan melihat bagaimana keadaan sekitarnya. Dizaman ini juga banyak sekali budaya barat yang memengaruhi pola pikir umat manusia terutama anak remaja. sebagai contoh dapat kita lihat banyaknya orang yang beragama islam namun tak mematuhi apa yang telah disyariatkan oleh islam seperti banyaknya seorang muslim yang menggunakan pakaian yang tidak menutupi aurat, memperlihatkan aib kepada khalayak umum, merubah keadaan fisik demi mencapai kesempurnaan dan melakukan tindakan- tindakan yang dilarang oleh Allah SWT. 

Jika dilihat dari segi positifnya Zaman modern bisa dilihat sebagai suatu proses perubahan sosial yang utuh dimana adanya transfer teknologi dari negara maju kepada negara berkembang sehingga berdampak pada kemajuan pembangunan, Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Adanya modernisasi membuat cara berpikir masyarakat berubah, semula irasional menjadi rasional. Tingkat kehidupan menjadi lebih baik karena berkembangnya proses industrialisasi. 

Dilihat dari segi positif tersebut memanglah zaman modern ini adalah Zaman yang sangat baik akan tetapi di zaman ini banyak sekali manusia terutama yang beragama islam menyalah artikan zaman modern ini. oleh karena itu pendidikan agama islam sangat penting untuk mengingatkan seorang muslim melakukan suatu hal yang baik sesuai dengan syariat islam.

dapat disimpulkan bahwa Pendidikan dalam Islam bermakna sentral dan berarti proses pencerdasan secara utuh, as a whole, dalam rangka mencapai sa'adatuddarain, kebahagiaan dunia-akhirat, atau keseimbangan materi dan religious-spiritual. Salah satu ajaran Nabi saw adalah intelektualisasi total, yakni proses penyadaran kepada umat dalam berbagai dimensi dengan mau'idhah hasanah, wisdom atau hikmah. Melalui makna, hakikat dan tujuan pendidikan Islam diharapkan dapat menyelamatkan generasi Islam dan umat manusia dari penindasan dan pencampakan sistem materialisme, serta menumbuhkan pemuliaan, penghargaan terhadap manusia secara utuh dan melakukan suatu tindakan yang benar dalam pandangan islam untuk menghadapi zaman modern ini.

Nama : Defia Chansha

NIM : 201210116

Kelas : PAI C 

Semester : 2

Fakultas : Tarbiyah dan Keguruan

Kampus : UIN SMH Banten

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan