Mohon tunggu...
Defar Badruzaman
Defar Badruzaman Mohon Tunggu... Terang Waktupurnama

Hakikat hidup laksana terangnya purnama.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Peserta Didik Menyikapi Islam Masa Kini

14 Maret 2021   09:00 Diperbarui: 14 Maret 2021   09:03 57 3 0 Mohon Tunggu...

Diera moderen saat ini seorang siswa/i sudah semestinya membekali diri dengan akidah, untuk membentengi karakter siswa/i dari segala hal yang dapat menerumuskan kepada stigma masyarakat. Dengan berlandaskan Akhlakul Karimah yang mendasari seorang diri untuk mencegah dari segala hal-hal yang melampaui batas. 

Sehingga siswa-siswi akan tetap berjalan dalam naungan Akhlakul Karimah. Segala aspek dasar- dasar Agama Islam wajib diketahui untuk menyikapi Islam hari ini, sehingga dapat memahami secara universal. Peran siswa dan siswi sangatlah penting karena sebagai penerus bangsa Indonesia untuk memajukan agama, bangsa dan negara. Maka dari itu harus dibekali dengan ilmu agama dalam perspektif islam hari ini.

Siswa-siswi seharusnya dapat memahami keadaan lingkungan masyarakat dari segi agama, sosial dan budaya. Dimasa keemasan inilah siswa-siswi membangun karakter sesuai dengan agama islam, untuk memanfaatkan peluang yang dapat mengembangkan potensi siswa dan siswi. Dapat diketahui dari sudut yang saya kemukakan bahwasanya islam pada saat ini harus di realisasikan dengan berbagai aspek. Yang retak dipererat, yang pecah disatukan untuk memperbaiki kualitas takwa, takwa kita kepada sang pencipta alam semesta agar senantiasa islam tetap bertahan teguh dalam pendirian.

Allah swt. menciptakan manusia ke bumi itu untuk menjadi pemimpin, sebagimana dalam surat Al-Baqarah ayat 30 Allah berfirman: 

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.

Maka dari itu marilah kita wujudkan kesemogaan menjadi kenyataan dengan cara mempererat hubungan tali silaturahmi sesama muslim dan muslimat, agar kesatuan dan keutuhan peran siswa-siswi menghadapi Islam hari ini. Islam hari ini tetap terjaga lahir maupun bathin.

VIDEO PILIHAN