Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Freelancer - Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sedekah Subuh, Amalan Pagi yang Mengundang Berkah

18 Maret 2024   06:03 Diperbarui: 18 Maret 2024   06:18 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sedekah subuh | Pixabay

Ramadan, bulan yang penuh berkah. Bulan istimewa dimana setiap amalan baik yang dilakukan akan diberikan pahala berlipat. Tak heran, banyak orang berlomba melakukan banyak kebaikan di bulan mulia ini. Salah satunya dengan bersedekah. Sedekah di bulan Ramadan tentu akan lebih istimewa. Apalagi, sedekah subuh. Sedekah subuh dianggap sebagai amalan pagi yang mengundang berkah. 

Keistimewaan Sedekah Subuh

Subuh adalah waktu yang istimewa dalam agama Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk bangun dan melaksanakan shalat fardhu pertama dalam sehari. Namun, keistimewaan Subuh tidak hanya terbatas pada kewajiban ibadah semata, tetapi juga pada amalan tambahan yang dapat dilakukan untuk mendatangkan berkah. Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada waktu Subuh adalah sedekah.

Mengapa waktu subuh dianggap istimewa untuk bersedekah? 

Berikut adalah keistimewaan sedekah subuh. 

Keistimewaan Waktu

Subuh adalah waktu di mana doa-doa lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, setiap amalan yang dilakukan pada waktu ini memiliki nilai yang lebih tinggi di sisi-Nya.

Keteladanan dari Rasulullah

Nabi Muhammad SAW adalah teladan terbaik bagi umat Islam. Beliau sendiri sangat memperhatikan sedekah pada waktu Subuh sebagai salah satu kebiasaan baik yang harus diteladani.

Pembersih jiwa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun