Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Freelancer - Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mau Sukses Raih PTN Favoritmu? Simak 5 Tips Berikut Ini

11 Juli 2021   14:33 Diperbarui: 11 Juli 2021   14:37 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Tante, aku ntar bisa nggak ya masuk PTN impianku"

Pertanyaan itu datang dari keponakan saya yang baru saja naik kelas 12 SMA. Memang masih satu tahu lagi sih, tapi galaunya sudah mulai.

Apakah yang dirasakan keponakan saya itu wajar. Ditengah pandemi seperti ini, diakui olehnya kalau dia belum bisa belajar secara optimal. Dia masih kesulitan belajar secara online.

Pinginnya sih belajar tatap muka, tapi apa daya sekolahnya masih belum ada tanda-tanda menggelar pelajaran tatap muka (PTM). Situasi COVID-19 di kota kami masih tinggi. Jadi masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Saya mencoba membantunya. Memberi tips-tips agar bisa sukses raih PTN favoritnya.

Tips Sukses Raih PTN Favorit

Agar sukses meraih impiannya, saya meminta keponakan saya melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Tentukan pilihan jurusan kuliah jauh-jauh hari

Meraih sebuah tujuan tentu perlu proses. Jadi sangat penting untuk menentukan jurusan kuliah jauh-jauh hari. Biar lebih fokus dalam mencapainya.

Beruntung keponakan saya sudah tahu mau kuliah apa. Dia ingin mengambil jurusan ilmu hukum.

Bagi yang belum tahu mau ambil jurusan apa saat kuliah nanti, bisa ikut tes psikologi untuk pengembangan karir yang sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

2. Tentukan rencana ikut tes masuk PTN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun