Mohon tunggu...
Dian Kusumawardani
Dian Kusumawardani Mohon Tunggu... Haloo, saya adalah seorang ibu rumah tangga profesional. Bekerja paruh waktu sebagai pengajar Sosiologi dan Sejarah di BKB Nurul Fikri. Juga suka menulis dan sudah menghasilkan 6 buku antologi dan 1 buku solo. Saya juga seorang konselor laktasi dan blogger.

Home Educator Omah Rame, Pengajar di BKB Nurul Fikri, Konselor Laktasi, Content Creator

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Masjid Agung Surabaya, Masjid Paling Favorit di Surabaya

30 April 2021   16:34 Diperbarui: 30 April 2021   16:54 563 13 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Agung Surabaya, Masjid Paling Favorit di Surabaya
Masjid Agung Surabaya | dokpri

Bulan Ramadan biasanya saya sering mengajak anak-anak jalan-jalan ke masjid. Selain ngabuburit kami juga melakukan itikaf di malam-malam terakhir Ramadan. 

Namun sudah dua kali Ramadan ini, tidak ada tradisi tersebut. Pandemi COVID-19 selama setahun terakhir ini membuat kami absen berkunjung ke masjid. Tak ada lagi ngabuburit bersama, itikaf pun tak ada. Sedih...

Tapi hari ini saya nggak mau berbagi kesedihan, saya mau bercerita tentang salah satu masjid favorit saya. Masjid Agung Surabaya

Masjid Agung Surabaya

Masjid Agung Surabaya ini sebenarnya bernama Masjid Al Akbar Surabaya. Masjid ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia.

Lokasi masjid yang ada di daerah Pagesangan Surabaya ini letakkanya tidak jauh dari rumah saya. Jaraknya sekitar 5 km. Ini yang membuat saya sering mengajak anak-anak jalan-jalan kesini.

Masjid ini dibangun diatas tanah seluas 11,2 ha pada tahun 1995. Saat krisis moneter, pembangunan sempat terhenti. Namun akhirnya diteruskan oleh pemerintah kota Surabaya. 

Secara fisik, luas bangunan dan fasilitas penunjang MAS adalah 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter. Bentuk atap MAS terdiri dari 1 kubah besar yang didukung 4 kubah kecil berbentuk limasan serta 1 menara. Keunikan bentuk kubah MAS ini terletak pada bentuk kubah yang hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer yang memiliki tinggi sekitar 27 meter.

Saat Ramadan, banyak penjual disekitar masjid. Tak hanya menjual makanan, berbagai keperluan rumah tangga juga ada. Mulai dari baju, sepatu, tas, alat-alat masak dan lain sebagainya. Susana Ramadan di Masjid Agung Surabaya ini sangat meriah. Menjelma seperti pasar malam. 

Beribadah di dalamnya juga sangat nyaman. Kondisi masjid yang bersih dan sejuk, membuat jamaah bisa khusyu beribadah. 

Itikaf di Masjid Agung Surabaya | dokpri
Itikaf di Masjid Agung Surabaya | dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN