Mohon tunggu...
Dedy Padang
Dedy Padang Mohon Tunggu... Petani - Orang Biasa

Sedang berjuang menjadikan kegiatan menulis sebagai sarana yang sangat baik untuk menenangkan diri dan tidak tertutup kemungkinan orang lain pula.

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Valentine Day adalah Alarm untuk Mengembangkan Cinta Kasih

14 Februari 2021   15:00 Diperbarui: 14 Februari 2021   15:05 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Coklat yang kuterima di hari kasih sayang (Dokumentasi pribadi) 

Selamat hari kasih sayang atau Valentine day. Valentine day yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari telah menjadi bagian dari ritual hidup bagi kita saat ini. Itulah mengapa setiap kali hari itu tiba, umumnya kita saling mengungkapkan rasa sayang kepada sesama kita. Ada yang menggunakan coklat atau bunga dan ada juga yang sekedar memberi sapaan, entah secara langsung maupun melalui Whatsapp. Itulah ungkapan kasih sayang kita kepada mereka. 

Saya sendiri menggunakan dua hal itu sekaligus. Untuk keluarga yang berada di tempat jauh, saya mengirimkan kata-kata kasih sayang melalui WA. Sementara untuk teman-teman yang berada di sekitar, saya beri mereka coklat. 

Bukan hanya dari saya untuk mereka, karena mereka pun melakukan hal yang sama kepadaku seperti yang kulakukan kepada mereka. Dengan demikian, cinta kami tidak bertepuk sebelah tangan. Hehehehe... 

Saya pun mendapat coklat dari orang-orang yang berada di sekitar saya. Saya juga menerima kata-kata kasih sayang dari mereka yang berada jauh dari saya. Memang benar bahwa saling mengasihi itu sungguh indah rasanya. 

Saya sangat senang dengan tradisi Valentine day ini. Bagi saya pribadi, Valentine day adalah alarm untuk tidak lupa mencintai. Bahkan, sejatinya, semakin terbiasa merayakan valentine day maka kita pun akan semakin bertumbuh sebagai pribadi yang mencintai. 

Cinta yang dirayakan dalam valentine day juga menunjukkan bahwa sejatinya harus ada yang namanya tanda cinta. Tanda itu adalah coklat, yang merupakan tanda paling umum, dan atau hal-hal lain yang melaluinya rasa cinta itu kita ungkapkan kepada orang yang kita cintai. Dengan demikian, valentine day juga mengajari saya untuk tidak tinggal dalam kata-kata cinta atau pun teori cinta belaka, tetapi membuatnya mampu dirasakan oleh orang yang saya cintai. 

Valentine day juga mengajari saya untuk tidak pelit kepada sesama. Meskipun sudah menjadi sesuatu yang lumrah bahwa di hari valentine kita memberi coklat, namun kebiasaan itu ternyata menjadi latihan untuk tidak begitu perhitungan dalam memberi kepada sesama. Dengan demikian, semakin turut dalam tradisi valentine day maka semangat berbagi pun semakin tumbuh dalam diri kita. 

Selamat hari kasih sayang untuk kita semua. Marilah menjadikan hari kasih sayang ini sebagai alarm bagi kita untuk tidak lupa mencintai sesama yang ada di sekitar kita, dan semakin kita terbiasa merayakannya maka semoga kita semakin bertumbuh sebagai pribadi yang mencintai. Bukan saja kepada orang-orang tertentu, tetapi kepada semua orang. Karena hidup itu baru indah rasanya jika terdapat cinta di dalamnya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun