Mohon tunggu...
Delfi Siam
Delfi Siam Mohon Tunggu... Bukan penulis, apalagi pujangga. Harapannya pendoa

Menulis merupakan sarana yang sangat baik untuk menenangkan diri. Saat menulis, mengalir suatu emosi dalam diri yang tergerak dalam gerakan pena dan kata atau pun bahasa yang kita pakaikan,,,

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tentang Sebuah Nama

21 Agustus 2020   22:14 Diperbarui: 21 Agustus 2020   22:13 95 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Sebuah Nama
Dokumen pribadi

Apalah arti sebuah nama? Artinya sungguh besar. Nama itu menyingkapkan sebuah harapan dan doa bagi si pemilik nama. Nama itu memuat suatu cita-cita tentang masa depan bagi si pemilik nama. Nama itu juga mengandung suatu penyerahan diri kepada Allah agar lebih berkenan kepada Allah.

Pemberian nama umumnya diberikan kepada anak kecil yang baru lahir. Sebagaimana bahwa kelahiran seorang anak membuka harapan akan masa depan bagi keluarganya demikian jugalah nama yang diberikan kepadanya. Nama itu mewakili dari segala suka cita, doa dan harapan dari keluarga tentang masa depan dari anak mereka. Untuk itu nama memiliki artinya yang sangat penting.

Nama yang diberikan kepada seseorang hendaknya mendapat kesesuaian dengan cara hidup si pemilik nama tersebut. Atau dari sudut lain, nama juga berfungsi sebagai peringatan akan perilaku yang dianjurkan untuk dilakukan si pemilik nama.

Saya ingin bercerita tentang nama saya. Nama saya Dedy Padang. Nama itu diberikan oleh ibu saya sendiri setelah sepakat dengan ayah tentang siapa yang akan memberikan nama kepadaku. Dedy dalam konsep ibuku saat itu ialah baik, saleh dan penuh pengabdian.

Ibuku memiliki alasan tersendiri memberiku nama Dedy. Saat hendak melahirkan saya, ibuku mengalami penderitaan yang hebat. Butuh waktu yang lama saat itu bagiku untuk bisa keluar dari rahim ibuku yaitu sekitar 5 jam. Hampir timbul rasa putus asa dalam diri ibuku saat itu. Ia tidak henti-henti berdoa kepada Tuhan agar segera campur tangan dalam peristiwa tersebut.

Hingga saat ini, peristiwa itu selalu kuingat saat saya bertanya kepada ibuku tentang arti dari namaku. Selain karena ingin tahu tentang arti dari namaku tersebut, saya juga ingin tahu mengapa hanya namaku saja yang sangat sederhana di antara semua saudaraku.

Itulah kisah tentang namaku. Di balik namaku yang sangat sederhana itu terkandung harapan, doa dan cita-cita dari ibuku terhadap kehidupanku. Saya hanya berdoa kepada Tuhan agar senantiasa mendapat bimbingan dari-Nya tentang perjalanan hidup yang kujalani. Mungkin ibuku dengan segala jerih payahnya, dengan segala penderitaan hebat yang ia alami saat melahirkan aku di dunia ini, terbersit dalam pikirannya agar aku tidak mendatangkan kekecewaan dalam hidupnya. Setidaknya hidupku bisa membuat ia merasa lega setelah mengalami segala susah payah saat melahirkan aku dulu. Itulah arti dari nama yang diberikan kepadaku.

Apalah arti sebuah nama? Artinya sungguh besar. Di dalamnya terkandung segala harapan, doa dan cita-cita tentang masa depan. Di dalamnya terkandung segala kebaikan yang diharapkan agar dialami oleh sipemilik nama. Dan yang paling penting lagi ialah di dalamnya terkandung harapan agar sipemilik nama menjadi pribadi yang mendatangkan kebaikan bagi dirinya, keluarganya, lingkungannya dan negaranya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x