Mohon tunggu...
Dedy Eka Priyanto Ph.D
Dedy Eka Priyanto Ph.D Mohon Tunggu... Konsultan

Bekerja sebagai konsultan di salah satu big 4 accounting firm dan saat ini tinggal di Tokyo. Senang berbagi pengalaman lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Benarkah Shinkansen Terlambat karena Ulah Turis Indonesia yang Viral?

2 Januari 2020   09:12 Diperbarui: 8 Januari 2020   04:35 8520 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Benarkah Shinkansen Terlambat karena Ulah Turis Indonesia yang Viral?
ilustrasi Shinkansen: osakastation.com

Menjelang pergantian tahun 2020, publik khususnya di tanah air, ramai membicarakan sebuah video yang memberitakan perilaku turis asal Indonesia yang menyebabkan shinkansen ke arah Tokyo terlambat 10 menit.

Video tersebut pertama kali disebarkan oleh akun facebook kucing putih. Di video tersebut terekam beberapa orang yang sedang berfoto di area ujung/kepala shinkansen sedang berhenti. Terlihat juga, beberapa orang di antaranya memegang pagar pembatas yang memang kurang pantas dan cukup berbahaya.

Tak lama setelah itu, terdengar bunyi klakson yang cukup keras dari masinis shinkansen, membuat mereka menjauh dari pagar. Setelah itu, shinkansen melanjutkan perjalanannya kembali.

Lewat postingannya, akun kucing putih mengklaim bahwa tindakan turis tersebut membuat shinkansen yang menuju ke Tokyo terlambat 10 menit semua. Video tersebut direkam pada tanggal 31 Desember 2019.

Dari video dan postingan akun tersebut, kemudian dijadikan referensi  oleh banyak media tanah air seperti detik, liputan6, dan banyak lagi, untuk dijadikan berita yang ramai didiskusikan.

Namun apakah benar, shinkansen terlambat gara-gara tindakan turis tersebut? Kok rasanya terlalu rentan keamanan Shinkansen  bila hanya hal kecil seperti itu bisa menyebabkan keterlambatan cukup lama.

Info Keterlambatan Shinkansen

Jepang memang memiliki sistem perkeretaan mungkin terbaik di dunia, dan informasi terkait keterlambatan bisa diakses oleh publik beserta penyebabnya.

Untuk shinkansen yang menghubungkan Tokyo-Hakata, bisa mengecek info keterlambatan shinkansen (bahasa Jepang) pada link ini.

Info keterlambatan shinkansen (bahasa Jepang)
Info keterlambatan shinkansen (bahasa Jepang)
Karena video tersebut diambil tanggal 31 Desember, ada 2 informasi keterlambatan shinkansen berdasarkan info link di atas.

Pertama terjadi pada pukul 7:03 dimana shinkansen nozomi no 106 terdengar suara ketidaknormalan dari dalam kereta ketika dalam perjalanan. Proses pengecekan kereta dan jalur kereta membuat, shinkansen (Nozomi 95) menuju ke Hakata terlambat. Karena keterlambatan ini ketika shinkansen sedang berjalan, sehingga tidak terkait dengan video tersebut.

Kedua terjadi pada pukul 14:30 dimana sebuah benda terbang (flying object) mengenai badan shinkansen nozomi no 23 yang sedang berhenti di stasiun Hiroshima dan menuju ke Hakata.

Keterlambatan shinkansen ini juga menyebabkan keterlambatan shinkansen setelahnya, beberapa kereta shinkansen yang menuju ke Hakata dan Tokyo turut dampaknya. Namun bisa dikatakan, penyebab keterlambatan kereta shinkansen ini kemungkinan besar tidak terkait dengan video tersebut.

Salah satu anggota organisasi Promia (professional muslim) Jepang sempat mengkonfirmasi langsung ke pihak JR information center di Shinjuku dan menunjukkan video tersebut ke petugas.

Dan menurut petugasnya, tidak ada keterlambatan shinkansen akibat ulah turis tersebut dan posisi turis pada video seharusnya tidak menyebabkan keterlambatan pada  shinkansen.

Untuk meyakinkan kembali, saya mencoba mengecek video tersebut ke akun facebook kucing putih, namun sepertinya telah dihapus.

Dengan fakta yang ada, sulit menyimpulkan kalau tindakan turis pada video tersebut, menyebabkan keterlambatan  shinkansen, khususnya yang arah ke Tokyo pada tanggal 31 Desember 2019.

Semoga kita semakin berhati-hati dalam menyebarkan berita dan pihak wartawan tanah air juga harus mengecek kebenaran info tersebut apalagi yang bersumber dari media sosial.

Dan bagi yang berwisata ke Jepang, tetap berperilaku baik dan patuhi ya aturan-aturan yang ada.

Karena ada informasi tambahan, saya mengupdate informasi terbaru terkait tulisan ini pada link berikut.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x