Mohon tunggu...
Dedi Mulyadi
Dedi Mulyadi Mohon Tunggu... Penulis - Dedi Mulyadi

Menulis memberikan kontribusi bagi masyarakat dan kontrol sosial, tidak diperkenankan mengutip tulisan untuk komersial. ( Karyawan Swasta)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Oknum Ormas Hina Nantang Suku Betawi

17 Oktober 2021   12:50 Diperbarui: 17 Oktober 2021   13:05 116 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Unggahan video yang beredar diluas dimedia sosial sengaja dikirim, sosok seorang pria  oknum ormas   dengan membuat gaduh saat mengintrogasi seorang pemuda perihal masalah lapak proyek, di Bekasi Jawa Barat.

Oknum ormas berinisial (FN) diduga melakukan penghinaan terhadap orang betawi dengan ucapan bodoh dan kata-kata tidak senonoh, dengan menantang orang betawi “lu bawa kesini semua orang betawi, orang betawi itu bodoh”

Atas ucapan oknum ormas (FN) orang  betawi merasa geram,  padahal orang betawi toleran pada semua suku, di DKI Jakarta sendiri orang betawi hidup berdampingan hidup dengan damai dan saling menghormati.

Selain itu orang  betawi tidak bodoh,  banyak juga yang menempati profesi terhormat diberbagai bidang,  bahkan orang betawi punya andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia hingga mendapat gelar pahlawan Nasional.

Barangkali  keterbatasan pemikiran oknum ormas (FN), yang diduga melakukan penghinaan terhadap suku betawi, padahal ucapan sama sekali tidak benar hanya membuat disintegarasi bangsa (perpecahan).

Kendati begitu  orang betawi tidak terpancing dengan melakukan pembalasan,  langkah yang diambil melalui Badan Musayawarah Betawi (BAMUS BETAWI) dengan melaporkan oknum ormas (FN) ke Polda Metro Jaya diduga sudah memenuhi pasal penghinan UU ITE.

Bisa saja para jawara betawi bertindak menggerudug  oknum ormas (FN) yang melakukan penghinaan terhadap suku betawi,   orang betawi atau siapa saja  menyadari di negara hukum segala sesuatu diselesaikan secara hukum tidak main hakim sendiri.

Banyak  kecaman dari berbagai kalangan diantaranya , ormas betawi, tokoh betawi dan jawara betawi, sebab ucapan sangat menyakitkan dan membahayakan persatuan dan kesatuan dengan keaneka ragaman suku.

Menurut informasi yang diterima pihak terlapor telah meminta maat atas ucapannya, kasus sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya mohon  diselesikan secara hukum  agar kedepan tidak ada lagi penghinaan   terhadap suku apapun di  Indonesia.

Mari sama – sama  manjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa dengan  berpedoman pada  Bahineka Tunggal Ika.....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan