Apa itu caring? Caring bisa diartikan secara sederhana yaitu sebagai sikap peduli terhadap klien. Caring merupakan pusat untuk praktik keperawatan, karena caring adalah cara pendekatan yang dinamis. Di mana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan kepeduliannya kepada klien. Rasa peduli kepada klien dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Apakah kalian pernah menemukan perawat yang galak, atau bahkan judes? Ini adalah contoh perawat yang kurang menerapkan caring.Â
Caring harus dimiliki oleh setiap perawat profesional. Caring yang dimaksud di sini tidak hanya sebatas peduli terhadap klien. Namun, caring di sini perlu dibarengi dengan pengetahuin biofisikal dan pengetahuan mengenai perilaku manusia. Sehingga setiap tindakan perawat yang dilakukan, klien dapat merasakan kenyamanan, dan keamanan dari tindakan tersebut.
Lantas mengapa caring dapat membantu proses penyembuhan klien di rumah sakit? Â Caring bukan semata-mata perilaku tetapi cara yang memiliki makna dan motivasi tindakan (Aini, 2018). Caring mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan yang memiiki hubungan signifikan dengan kepuasan klien. Kepuasan klien dalam proses perawatan mampu mendorong rasa ingin sembuh lebih cepat dalam diri klien. Di mana klien merasa sudah diberikan pelayanan yang optimal.
Dan perawat pun sudah memberikan pelayanan dan tindakan sesuai standar perawat profesional. Sehingga hal ini bisa memberikan kepercayaan dan harapan kepada klien, dengan cara memfasilitasi dan meningkatkan asuhan keperawatan. Serta dalam berintraksi perawat harus memiliki standar dan kompetensi, sehingga mampu menerapkan asuhan keperawatan menggunakan caring.
Caring memiliki banyak manfaat dalam proses perawatan klien. Sudah seharusnya seorang perawat profesional mampu menerapkan caring. Caring yang mampu meningkatkan kualitas layanan kesehatan juga seharusnya menjadi standar bagi perawat di setiap instansi kesehatan. Caring juga mampu memabantu menghilangkan tindakkan penyelewengan dalam kesehatan. Di mana perawat yang memiliki caring dalam dirinya dan menerapkanya, ia tidak akan mungkin bisa melakukan tindakan kejahatan dalam merawat klien.Â
Karena mereka akan merasa mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada klien. Serta membantu klien kembali dari sakitnya kepada kesehatan. Dan membantu klien menjaga kesehatannya sehingga mampu mencapai kesehatan yang optimal.
Maka sudah seharusnya seorang perawat memiliki keterampilan caring. Penerapan caring akan meningkatkan mutu asuhan keperawatan, memperbaiki image perawat di masyarakat dan membuat profesi keperawatan memiliki tempat khusus di mata para pengguna jasa pelayanan kesehatan. Selain sarana dan prasarana yang baik profesionalisme tenaga kesehatan juga merupakan kunci sukses sebuah pelayanan kesehatan. Perawat memiliki peran holistik dalam pemenuhan kebutuhan manusia.Â
Perawat adalah salah satu profesi yang selalu berhadapan dengan klien maupun tenaga kesehatan lainnya. Sehingga sangat penting sekali seorang perawat meningkatkan profesionalismenya. Salah satu cara seorang perawat meningkatkan profesionalisme yaitu dengan meningkatkan perilaku caring. Penerapan caring pada seorang perawat akan menunjukkan nilai moral dari seorang perawat tersebut.
Caring menjadi hal yang utama dalam memberikan pelayanan kesehatan. Perilaku caring yang diberikan perawat akan membuat klien merasa puas, tak hanya akan sembuh dari masalah kesehatannya tetapi juga klien akan merasakan nyaman dan senang ketika diberikan asuhan keperawatan (Amali., 2019).Â
Sehingga melalui caring akan membuat rasa empati seorang perawat lebih kuat lagi kepada klien. Perawat juga diharapkan memiliki komuniaksi yang lebih baik lagi kepada klien secara sadar, sehingga dapat memahami dan merasakan perasaan klien tersebut dengan menerapkan caring. Perilaku setiap perawat berbeda-beda kepada klien, hal ini terkait dengan kemampuan empati. Sehingga hal tersebut bisa ditingkatkan dengan menerapkan caring.
Terus bagaimana caranya seorang perawat bisa meningkatkan caring? Seperti apa yang sudah disebutkan di atas, bahwa seorang perawat bisa meningkatkan caring dengan berbagai cara. Diantaranya yaitu: Perhatian kepada klien, memperhatikan, kepedulian, dan menganggap pasien seperti keluarganya sendiri. Menganggap klien seperti keluarga sendiri akan meningkatkan kualitas caring seorang perawat. Karena ia akan benar-benar memberikan pelayanan yang sangat berkualitas kepada klien. Perawat akan menganggap bahwa ia sedang merawat anggota keluarganya sendiri.