Mohon tunggu...
Dede Yuspan
Dede Yuspan Mohon Tunggu... Sales - Petani Desa

Mengurus sayuran dengan metode hidroponik, budi daya ikan air tawar, kolam tanah juga beton, bioflok juga.

Selanjutnya

Tutup

Money

Lika-Liku Budi Daya Ikan Gurami

19 Mei 2022   11:53 Diperbarui: 19 Mei 2022   11:59 117 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ikan gurami menjadi primadonanya ikan air tawar untuk dikonsumsi, selain ukurannya yang besar, dagingnya yang melimpah, enak dan gurih, tak mengherankan begitu banyak orang yang menyukainya. Namun permintaan pasar yang begitu luas tak berbanding lurus dengan banyaknya ikan gurami dari petani, para petani enggan membudi daya ikan satu ini karena bermacam alasan, di antaranya; pertumbuhannya lama, harus punya kolam yang luas, harus ada ini, ada itu, takut ini, takut itu, macam-macam alasannya. 

Memang semua itu benar adanya sobat, tapi tak usah dikhawatirkan, walau demikian rumit tapi jangan salah ikan gurami akan memberi keuntungan yang melimpah bagi para sobat yang ingin mencoba budi daya ikan satu ini. Kuncinya telaten dan berjiwa besar, berlapang dada juga, karena untuk mendapatkan ikan gurami yang ukuran besar harus menempuh rentan waktu yang panjang, bisa sampai tahunan, berbeda dengan ikan air tawar lainnya, seperti nila, lele, dan ikan air tawar lainnya yang sobat ketahui. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para sobat sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis yang menjanjikan ini, perlu juga sobat musyawarahkan bersama keluarga, istri, anak, sanak sodara, untuk benar-benar memulai bisnis ini. Nah, sobat di antaranya itu adalah; 

1. Kolam Tanah.

Tentu kolam yang paling penting bukan, untuk ukurannya sendiri tak tentu tapi minimumnya berukuran 50 m mengingat pertumbuhan gurami yang sempurna dapat diperoleh dari kolam yang luas. 

2. Benih Unggulan. 

Usahakan sobat membeli benih gurami yang unggul. Bisa ditanyakan langsung kepada petani penetasan benih gurami, bisa juga dilihat dari pergerakannya yang lincah, tidak lambat seperti kurang makan, dan bergerombol di siang hari, atau dari sisiknya yang tampak mengkilap, tidak cacat, pilih bibit berukuran seragam, karena dapat menghemat pakan. 

3. Pakan. 

Pakan yang berkualitas dan bergizi. Untuk menghemat biyaya pakan, dapat sobat berikan pakan alternative, seperti di atas kolam dibikin kandang itik, atau semacamnya. 

Nah, itu sobat beberapa hal yang perlu diketahui untuk memulai budi daya ikan gurami ini. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan