Mohon tunggu...
Dede Rudiansah
Dede Rudiansah Mohon Tunggu... Editor - Reporter | Editor | Edukator

Rumah bagi para pembaca, perenung, pencinta kopi, dan para pemimpi yang sempat ingin hidup abadi.

Selanjutnya

Tutup

Sosok Pilihan

Haveaniesday, Aksi Nyata Anak Muda Indonesia Non-Partisan Politik

28 Januari 2024   11:37 Diperbarui: 8 Februari 2024   00:00 1707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beberapa tampilan halaman web Haveaniesday.com. Tampilan menu utama (tengah). Sumber: haveaniesday.com (diakses: 28/01/2024)

Haveaniesday, Aksi Nyata Anak Muda Indonesia Non-Partisan Politik

Anak muda Indonesia terus menunjukkan kesadaran mereka terhadap pentingnya perpolitikan negara saat ini. Mereka sudah tidak lagi menjadi penonton pasif dalam dunia politik, namun aktif ikut serta dalam menyuarakan gagasan dan aspirasi mereka.

Salah satu contoh nyata dari keterlibatan anak muda saat ini adalah dengan hadirnya halaman web Have Anies Day (Haveaniesday.com).

Haveaniesday.com dibuat oleh sekelompok anak muda yang menamakan diri Humanies yang memiliki semangat kuat untuk mendukung pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Halaman web ini tidak sekadar mencoba meng-influence pemilih, tetapi juga menjadi tempat bagi mereka untuk mengenal lebih dekat paslon nomor 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mulai dari rekam jejak, visi-misi, sampai dengan counter atas black campign yang kerap diembuskan paslon lain.

Salah satu halaman web Haveaniesday.com. Sumber: haveaniesday.com (diakses: 28/01/2024)
Salah satu halaman web Haveaniesday.com. Sumber: haveaniesday.com (diakses: 28/01/2024)

Haveaniesday.com diketahui berafiliasi dengan Anies Bubble. Anies Bubble sendiri merupakan komunitas daring anak muda pecinta K-Pop. Komunitas tersebut memiliki tujuan yang sama dengan Humanies yaitu mendukung Anies Baswedan dalam pencalonannya di pilpres tahun 2024.

Salah satu fitur menarik dari halaman web Haveaniesday.com adalah tampilannya yang menggunakan gambar atau ilustrasi lucu, menarik, dan interaktif. Gambar-gambar tersebut secara simbolis mewakili pribadi serta gagasan-gagasan yang diusung oleh Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Selain menghasilkan konten yang informatif, hal ini juga dapat memberikan kesan yang lebih menarik dan menggugah minat para pemilih, khususnya anak muda untuk lebih mengenal paslon pilihannya.

Berbeda dengan buzzer atau tim sukses (timses) pasangan Anies-Imin, Haveaniesday secara jujur mengaku bukan bagian dari kampanye resmi. Mereka secara terbuka menyatakan bahwa mereka bukanlah bagian dari timses ataupun buzzer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosok Selengkapnya
Lihat Sosok Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun