Mohon tunggu...
Dedeh Rohilah Azhari
Dedeh Rohilah Azhari Mohon Tunggu... Guru - Menulis menjadi awet muda

work hard for better life

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Let's be A Professional Teacher

1 September 2021   13:56 Diperbarui: 1 September 2021   13:58 53 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ulama (orang yang berilmu) adalah pewaris para nabi (Al-Hadits)

Sepuluh atau lima belas tahun yang lalu, menjadi seorang guru - mungkin bukan sebuah pilihan karir yang menjajnjikan. Profesi guru secara financial  belum bisa dijadikan pegangan dalam mengarungi kehidupan. Bahkan anak TK --SMA pun bila ditanya tentang cita -cita nyaris tidak pernah ada yang mau menjadi seorang guru. 

Profesi guru kadang menjadi jalan terakhir dan hanya sekedar untuk menyambung hidup, atau juga hanya sebatas pelipur lara dalam tatanan sosial - daripada menganggur, ya... masih lebih terhormat menjadi gurulah. Itu mungkin fenoma yang terjadi sepuluh atau lima tahun lalu, 

Namun Alhamdulillah sekarang setelah Pemerintah memberikan perhatian yang memadai terhadap profesi guru dengan diterbitkannya Undang -- Undang Guru dan Dosen No 14 tahun 2005 profesi guru sudah tidak dipandang sebelah mata, tetapi sudah menjadi profesi yang mulai diminati oleh kalangan muda yang ditandai dengan munculnya beragam sekolah yang rata -- rata pendidiknya adalah mereka yang bergelar sarjana pendidikan bahkan ada yang dari berbagai disiplin ilmu.

Sering kita mendengar menjadi guru adalah bukan pekerjaan profesional, berbeda dengan menjadi seorang dokter, insinyur atau manager sebuah perusahaan pasti akan dikatakan bahwa dia adalah seorang professional. Padahal ini adalah pandangan yang keliru tentang professional. 

Merujuk kepada Undang -- undang tentang guru dan dosen dikatakan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 

 Dan kata pofesional dalam bahasa Inggris adalah akar kata dari profess yang berarti panggilan dari Tuhan, maka ketika kita telah memutuskan untuk menjadi seorang guru maka kita harus siap untuk menjadi guru profesional, karena itu merupakan sebuah panggilan Tuhan, kita harus all out at all risk

Jika kita melakukannya tidak dengan profesional dan sepenuh hati, lebih baik kita tidak memilih profesi sebagai guru, karena berarti kita tidak bisa menjawab panggilan Tuhan dengan baik dan tidak bisa mempertanggungjawabkannya kelak di akhirat. 

Guru profesional tidak hanya sekedar menstransfer ilmu tetapi juga harus dapat menstransform murid menjadi manusia terdidik yang lebih baik, sungguh pekerjaan yang sangat mulia dan berat. 

Mengapa bisa demikian ? karena profesi guru bukanlah profesi yang hasilnya akan dirasakan sesaat setelah mengajar, tidak halnya profesi seorang dokter, ketika seseorang merasa sakit dan ia datang ke dokter untuk berobat dan dokter memberikan obatnya, sesaat kemudian obat itu dapat dirasakan manfaatnya. 

Tetapi tidak dengan profesi guru, guru harus dapat menstransform murid secara profesional untuk dapat mengantarkan mereka kepada kehidupan yang lebih layak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan