Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Arsenal Lulus Ujian Adu Kokoh Pertahanan dengan Brighton

3 Oktober 2021   03:49 Diperbarui: 3 Oktober 2021   14:30 204 28 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gelandang Arsenal, Emile Smith Rowe, berduel dengan bek Brighton, Shane Duffy, dalam laga Liga Inggris 2021-2022 di Stadion American Express Community, Sabtu 2 Oktober 2021. (sumber: GLYN KIRK/AFP via kompas.com)

Setelah Arsenal menang telak 3-1 atas Tottenham Hotspur di pekan ke-6 (26/9), mereka harus bertandang ke Falmer Stadium, markas Brighton & Holve Albion. Klub medioker yang justru cukup sering membuat Arsenal porak-poranda.

Ini yang membuat tidak banyak orang berani memperkirakan apakah Arsenal bisa menang untuk keempat kali beruntun di Premier League. Brighton yang sebenarnya akrab di papan tengah dan papan bawah, di awal musim ini justru berada di papan atas, membaur dengan Manchester City dan lainnya.

Artinya, Brighton kali ini punya dorongan besar untuk mempertahankan tren positifnya. Ditambah dengan keuntungan bermain di kandang.

Meski begitu, Arsenal kali ini turun dengan pemain-pemain yang berbeda dari musim lalu. Bahkan, kipernya juga bukan Bernd Leno, yang pernah dibuat cedera oleh Neal Maupay pada musim 2019/20.

Mikel Arteta sekarang punya beberapa punggawa baru yang seperti sangat cocok untuk adu determinasi dengan pemain Brighton. Di pos kiper ada Aaron Ramsdale, kiper Inggris yang dikenal tidak takut duel dengan pemain lawan.

Di belakang ada Ben White yang punya mobilitas bagus sebagai bek tengah. Kemudian ada Takehiro Tomiyasu yang sudah langsung memikat Arteta lewat permainan efektifnya dalam bertahan.

Di tengah, ada Sambi Lokonga yang menemani Thomas Partey, dan sepintas terlihat 11-12 dengan Partey. Hanya saja, Partey sedikit diberi ruang untuk membantu penyerangan, sedangkan Lokonga fokus membantu duet White dan Gabriel di pertahanan.

Empat pemain baru ini bisa dikatakan cukup untuk bertarung ala sepak bola Inggris yang konstan dalam jual-beli serangan. Arsenal pun meski sebagai tim yang punya kualitas di atas Brighton, mereka seperti sudah siap untuk bermain bertahan.

Ini yang kemudian dibuktikan pada sepanjang pertandingan. Arsenal cenderung membiarkan Brighton menguasai bola, sedangkan mereka mengincar peluang lewat serangan balik.

Upaya mereka pun bisa dikatakan sedikit lebih berbahaya dibandingkan Brighton. Bahkan, Maupay dkk. tidak bisa mengarahkan tendangan akurat ke gawang Ramsdale di babak pertama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan