Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Copa America 2021, Sedikit Kontestan tapi Banyak Cerita

23 Juni 2021   13:13 Diperbarui: 24 Juni 2021   04:30 572 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Copa America 2021, Sedikit Kontestan tapi Banyak Cerita
Selebrasi Neymar dan Richarlison. Sumber: AFP/CARL DE SOUZA/via Kompas.com

Copa America 2021 hanya diikuti 10 negara. Padahal, jika merujuk pada keterangan di Wikipedia, turnamen ini bisa diikuti 12 hingga 16 kontestan.

Meski begitu, turnamen ini tetap menghadirkan banyak cerita. Terutama pada beberapa tim nasional yang punya rekam jejak bagus.

Brasil tentu adalah tim pertama yang patut dibahas terlebih dahulu. Mereka adalah tuan rumah Copa America 2021.

Tim nasional yang dilatih oleh Tite ini merupakan juara bertahan dengan koleksi 9 gelar. Gelar terakhir direngkuh 2 tahun lalu, yaitu 2019.

Brasil kala itu bertindak sebagai tuan rumah. Ini artinya, Brasil sukses mengobati luka pada Piala Dunia 2014 ketika mereka menjadi tuan rumah, namun dipermalukan Jerman di semifinal.

Kini, Brasil bisa dibilang sedang menikmati kematangan timnya. Karena, skuad Brasil merupakan kolaborasi pemain alumnus Piala Dunia 2014 dan pemain masa depan Brasil untuk Piala Dunia 2022 dan selanjutnya.

Di sana masih ada Thiago Silva dan Neymar Jr., dua pemain yang kemudian disusul oleh Alisson Becker, Ederson Moraes, Danilo, Alex Sandro, Gabriel Barbosa, Richarlison, hingga Gabriel Jesus. Diantaranya, mereka bahkan sudah menjadi bagian skuad juara Copa America 2019.

Brasil juara Copa America 2019. Sumber: AFP/CARL DE SOUZA/via Kompas.com
Brasil juara Copa America 2019. Sumber: AFP/CARL DE SOUZA/via Kompas.com
Artinya, skuad ini adalah skuad juara. Mereka juga kembali menjadi tuan rumah walau tanpa penonton di tribun. Tetapi, mereka pasti punya semangat yang berbeda dibandingkan kontestan lain.

Menariknya, tim ini bisa dibilang berangkat dengan skuad yang berisi pemain-pemain penting di klubnya masing-masing. Mereka juga punya kelebihan khas pemain Brasil, yaitu keterampilan individu.

Itu yang membuat permainan Brasil bisa dikatakan komplet. Bermain secara kolektif bisa, secara individual juga bisa.

Ini dapat dilihat dari bagaimana mereka memenangkan dua laga awal di grup B (saat tulisan ini dibuat). Ketajaman di lini depan dan pertahanan solid membuat mereka menjadi tim tersubur dengan 7 gol dan belum kebobolan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN