Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com | Alamat surel: deddyhsuryanto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP 2021, Awal dan Akhir Valentino Rossi

31 Maret 2021   05:19 Diperbarui: 31 Maret 2021   05:24 158 15 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MotoGP 2021, Awal dan Akhir Valentino Rossi
Valentino Rossi dan motornya di tim Yamaha Petronas SRT. Gambar: A. Farinelli via Kompas.com

MotoGP 2021 sudah dimulai. Seri perdana sudah digelar di Sirkuit Losail, Qatar, dengan tajuk Qatar GP. Pemenangnya pun sudah kita ketahui, Maverick Vinales, dari Yamaha Monster Energy.

Namun, sekarang pembahasannya bukan tentang Vinales, melainkan tentang Valentino Rossi. Mantan rekan setim Vinales, sekaligus pembalap senior MotoGP yang pernah 9 kali menyandang juara dunia (7x MotoGP).

Saat ini, dia sudah berusia 42 tahun. Usia yang bisa disebut sangat langka untuk dapat terus bertahan di level tertinggi ajang balap motor.

Dengan pengalamannya yang sangat tinggi, namun bukan berarti selamanya Rossi akan menjadi yang terbaik. Kehebatannya perlahan nan pasti mulai terkikis.

Bahkan, hal itu tidak hanya disebabkan perpindahan Rossi ke tim satelit Yamaha, Yamaha Petronas SRT. Penurunan itu sudah tercium sejak musim 2019 dan tentunya makin terlihat di musim 2020, kala masih membela Yamaha Factory.

Kemudian, pada musim 2021 ini, Rossi seperti memperlihatkan awalan yang buruk dan membuat ada pemikiran tentang masa depan Rossi di atas lintasan. Apakah Rossi masih akan membalap sampai musim depan?

Hasil finis ke-12 sebenarnya bukanlah hal buruk bagi seorang pembalap. Tetapi, jika itu adalah Rossi, akan terlihat buruk.

Reputasi, pengalaman, dukungan tim, dan terkadang masih disokong oleh harapan para penggemarnya. Itu membuat Rossi pasti memiliki keinginan untuk memberikan penampilan terbaik.

Hanya saja, waktu selalu menghadirkan hal-hal yang berbeda. Termasuk dalam MotoGP. Apa yang berbeda di dalamnya?

Perkembangan motor. Regenerasi pembalap. Visi dan misi tim balap. Inilah tiga hal yang membuat MotoGP sekarang berbeda dengan 5-10 tahun lalu.

Perkembangan motor, membuat Valentino Rossi terlihat kesulitan untuk konsisten. Performa paling konsisten yang terakhir adalah musim 2015. Selepas itu, performanya menurun drastis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN