Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com | Alamat surel: deddyhsuryanto@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Dovizioso dan Usaha Aprilia agar Tidak Makin Ketinggalan

19 Maret 2021   00:50 Diperbarui: 19 Maret 2021   08:24 845 28 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dovizioso dan Usaha Aprilia agar Tidak Makin Ketinggalan
Andrea Dovizioso dan motor RS-GP 2021 Aprilia. Gambar: diolah dari AFP/Andreas Solaro dan Dokumentasi Aprilia via Kompas.com

Sebagian besar orang berpikir bahwa berpacaran itu perlu pendekatan, alias PDKT. Maka, dalam kerja sama di dunia profesi juga perlu itu. Termasuk, dalam dunia profesi balap motor.

Kali ini, fokusnya adalah ramainya kabar tentang Andrea Dovizioso yang menerima undangan pengujian motor Aprilia di Jerez pada April nanti. Seperti yang sudah diketahui oleh penggemar MotoGP, bahwa Aprilia saat ini terancam tidak akan memiliki pembalap penguji.

Itu disebabkan oleh penggusuran posisi Bradley Smith dengan kehadiran Lorenzo Savadori untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Andrea Iannone. Secara logika, Bradley Smith memang patut tidak terima dengan keputusan itu, karena dialah yang sebelumnya menggantikan posisi Andrea Iannone saat dihukum terkait kasus doping.

Namun, alih-alih mempermanenkan Smith, Aprilia justru menggaet Savadori sebagai tandem Aleix Espargaro. Alhasil, Smith diisukan akan pergi dari Aprilia.

Kemungkinan hengkangnya Smith membuat kursi pembalap penguji Aprilia untuk sementara kosong. Inilah yang kemudian mendorong peluang Aprilia untuk menggaet "mantan" pembalap MotoGP, Andrea Dovizioso.

Pertimbangannya diprediksi serupa dengan Yamaha yang memilih Cal Crutchlow, alih-alih mempertahankan Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji. Dovi menepi dari MotoGP 2021 bukan karena cedera dan ingin pensiun, melainkan ingin rehat sejenak.

Itu yang membuat Dovi masih dalam kondisi bugar. Bahkan, Dovi salah satu pembalap MotoGP yang juga suka membalap di luar trek MotoGP. Seperti yang dilakukan Valentino Rossi juga Marc Marquez.

Dovi juga suka beradu cepat di ajang Motocross. Gambar: The-Race.com via Kompas.com
Dovi juga suka beradu cepat di ajang Motocross. Gambar: The-Race.com via Kompas.com
Artinya, hasrat membalap masih besar di pikiran Dovi, maka Aprilia patut mendekatinya. Seiring berjalannya waktu, rumor kedekatan Dovi dengan Aprilia menemui titik terang.

Sesuai dengan apa yang dikabarkan Carlo Pernat, pengamat MotoGP kawakan, bahwa Dovi akan hadir dalam uji coba motor Aprilia di Jerez pada April nanti. Ini sekaligus memberi harapan, khususnya bagi Aprilia, yaitu pijakan untuk mengembangkan motor menjadi lebih kompetitif.

Namun, hal ini juga ada persyaratannya, yaitu kesiapan tim dan motor untuk memenuhi apa yang bisa diberikan Dovi, jika pada akhirnya tercapai kesepakatan. Potensi kesepakatan itu bisa dimulai dari gebrakan Aprilia di tes Qatar dalam beberapa sesi sebelum seri pembuka musim 2021 di sirkuit yang sama.

Pada tes Qatar, secara tersurat dapat memperlihatkan progres kompetitifnya motor yang ditunggangi Aleix Espargaro. Secara kumulasi catatan waktu pada keseluruhan sesi tes pun menunjukkan Aleix Espargaro dapat menempati posisi keenam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x