Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Menjelang MotoGP 2021, Repsol Honda Menjadi Tim Kuat atau Semenjana?

23 Februari 2021   20:23 Diperbarui: 25 Februari 2021   02:59 578 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjelang MotoGP 2021, Repsol Honda Menjadi Tim Kuat atau Semenjana?
Peluncuran tim Repsol Honda 2021. Gambar: Twitter/HRC_MotoGP

Senin, 22 Februari 2021, pukul 18:00 WIB, Tim Repsol Honda resmi meluncurkan tim balapnya untuk MotoGP 2021. Mereka meluncurkannya secara daring di Youtube.

Saya yang kebetulan sedang membuka Youtube tentu tidak melewatkan kesempatan ini. Ada durasi 5 menit untuk menunggu sesi 'pembukaan layar' setelah pukul 18.00 berdentang.

Peluncuran tim balap Repsol Honda itu berlangsung sekitar 33 menit jika dihitung sampai layar yang menampilkan gambar HRC dan Repsol berganti ke gambar MotoGP. Bisa dikatakan cukup padat dan efektif.

Tidak seperti peluncuran tim di tahun 2020 yang masih dengan cara konvensional dan durasinya panjang. Beberapa orang yang mendapatkan kesempatan bicara seperti manajer dan kepala mekanik biasanya akan bercerita panjang-lebar.

Itu yang tidak terjadi kali ini, khususnya pada peluncuran tim Repsol Honda 2021. Mereka hanya menyampaikan yang penting, dan tentu porsinya seimbang antara "tim produksi umum", "tim produksi khusus", dan dua pebalapnya.

Tim produksi umum ini seperti Alberto Puig, Tetsuhiro Kuwata, dan Ana Camps. Sedangkan, tim produksi khusus seperti Santi Hernandez (kepala kru Marquez) dan Roman Aurin (kepala kru Pol). Mereka yang fokus bekerja langsung dengan para pebalap.

Durasi setengah jam juga cukup untuk menunjukan sejarah dan perubahan motor Honda dari tahun ke tahun dan dari era ke era. Tentu, sampai pada penampakan motor 2021 yang akan dikendarai Marc dan Pol.

Peluncuran Tim Repsol Honda di Youtube. Gambar: Dokumentasi pribadi/Youtube/MotoGP
Peluncuran Tim Repsol Honda di Youtube. Gambar: Dokumentasi pribadi/Youtube/MotoGP
Setelah menonton peluncuran itu, saya pun mencoba berpikir tentang apa yg bisa dilakukan Repsol Honda pada 2021. Apakah mereka kembali kuat, atau seperti 2020?

Ada dua sisi yang bisa dijadikan landasan sederhana dalam memprediksi kiprah Repsol Honda di musim 2021.

Pertama, dari sisi livery. Sisi yang sangat sederhana namun bisa menjadi patokan bagaimana tim ini mempunyai visi.

Jika dibandingkan tim balap lain, bahkan juga tim pabrikan lain, Repsol Honda cenderung tanpa inovasi terkait desain livery pada motor. Sejak 2010-an, livery Repsol Honda seperti yang kita lihat saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
VIDEO PILIHAN