Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Joan Mir Mantap Banget di MotoGP Europa 2020

8 November 2020   23:00 Diperbarui: 9 November 2020   15:37 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mir akhirnya pantas jadi calon juara dunia MotoGP 2020. Gambar: Motogp.com

Balapan MotoGP ke-12 dari 14 seri yang disiapkan telah tuntas pada Minggu, 8 November 2020. Bertempat di sirkuit Valencia yang diubah namanya menjadi MotoGP Eropa, ternyata berlangsung dalam kondisi ideal, yaitu balapan kering.

Jika mengikuti seluruh sesi sebelum balapan, tentu kita tahu bahwa beberapa sesi dinaungi cuaca kurang kondusif, yaitu hujan. Itu juga terjadi di sesi kualifikasi yang membuat semua pembalap tidak memacu motornya dengan kecepatan yang ideal seperti pada latihan bebas kedua.

Hasil kualifikasi menempatkan Pol Espargaro sebagai pengisi start terdepan (pole position), diikuti Alex Rins, Takaaki Nakagami, Johann Zarco, Joan Mir, dan Jack Miller. Artinya, ada dua pembalap Suzuki start di dua baris terdepan.

Itu terlihat bagus, karena keduanya sedang mempunyai peluang menjadi juara dunia. Khususnya, Joan Mir yang memiliki peluang lebih besar sekaligus sedang berstatus sebagai pemimpin klasemen sementara.

Balapan dimulai, dan ada salah satu pemandangan unik, yaitu ada pembalap yang harus mengawali balapan dari pitlane, yaitu Maverick Vinales. Ia mendapatkan penalti karena menggunakan mesin ke-6 dari 5 jatah mesin yang ditetapkan.

Namun, fokus para penonton lebih tertuju pada para pembalap yang berebut posisi terdepan. Pol dan Alex Rins berupaya keras memimpin balapan. Tetapi, Rins terlihat cepat menyetel dengan suhu ban dibandingkan Pol yang menggunakan ban depan Hard--belakang Medium.

Berbeda dengan Alex Rins yang menggunakan ban kombinasi Medium-Medium. Itu juga digunakan oleh Joan Mir.

Melihat pilihan bannya yang sama, muncul perkiraan bahwa duo Suzuki ini akan segera kabur, alias membuat jarak dengan pembalap di belakangnya. Hal itu cukup terlihat dari bagaimana Rins terlihat sulit dicari celahnya oleh Pol.

Berbeda dengan Mir yang awalnya masih harus bertarung dengan Miguel Oliveira dan Pol Espargaro. Akhirnya, nama terakhir berhasil disalip oleh Mir.

Saat seperti itu, sudah mulai tertebak bahwa duo Suzuki akan sulit dikejar. Jarak pun sempat melebar antara Mir dengan Pol yang sempat didekati oleh sesama pembalap KTM, Oliveira.

Fokus pun semakin mengarah ke adegan pengejaran Mir terhadap Rins. Posisi 1-2 Suzuki itu sangat menguntungkan, khususnya bagi Mir yang berupaya mencari kemenangan perdana atau setidaknya menjauhkan jarak dengan pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun