Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana, dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Bali United Awali Langkah di Piala AFC 2020 dengan "Virus" Comeback

12 Februari 2020   11:51 Diperbarui: 12 Februari 2020   11:54 110 5 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Melvin Platje berduel dengan pemain Than Quang Ninh di laga pertama fase grup Grup G (11/2). Sumber gambar: Tempo.co

Suatu kebanggaan bagi masyarakat Indonesia khususnya penikmat bolanya, ketika melihat performa klub-klub Indonesia dapat memberikan penampilan yang bagus di pentas Asia. Sejak lepas dari sanksi FIFA, Indonesia kembali berpartisipasi di kompetisi antar klub se-Asia.

Namun, sampai musim kompetisi akan berusia 4 tahun, wakil Indonesia terlihat mulai sulit untuk menembus Liga Champions Asia. Situasi yang disayangkan, meski tetap ada potensi bagi klub Indonesia kembali bersaing di ajang tersebut di beberapa waktu ke depan.

Ada segi menarik dari proses kebangkitan sepak bola Indonesia, yaitu ketika klub yang mewakili Indonesia terlihat konsisten berpartisipasi di kompetisi Asia, minimal Piala AFC. Mereka adalah Bali United dan Persija Jakarta.

Keduanya nyaris selalu mewakili Indonesia di rentang waktu yang sama. Hanya, Bali United lebih beruntung ketika mereka berhasil kembali pentas di Piala AFC untuk kali ketiga dengan suatu pembuktian, juara Liga 1 2019.

Melalui titel itu, harapannya Bali United semakin percaya diri dan siap untuk lebih baik lagi dalam mengarungi kompetisi tersebut. Harapan itu pun dimulai dari laga pertama Bali United di Piala AFC 2020 dengan menjamu Than Quang Ninh, wakil asal Vietnam.

Awalnya laga itu terlihat akan berimbang, sebelum petaka hadir bagi kedua klub yang bertanding di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Than Guang Ninh kehilangan satu pemain karena dikartu merah, sedangkan Bali United harus kehilangan Andhika Wijaya yang mengalami cedera pasca pelanggaran dari pemain yang dikartu merah tersebut.

Permasalahan seolah tak berhenti bagi Bali United pasca gol tamu tercipta dari kaki Lynch. Bali United 0-1 Than Quang Ninh. Kedudukan itu bertahan hingga babak pertama usai.

Secara permainan, sebenarnya kedua klub bermain sama-sama menyerang. Namun, serangan tim tamu terlihat lebih efektif dibandingkan tuan rumah yang sebenarnya memiliki beberapa kesempatan untuk mencetak gol.

Di babak kedua, kendali permainan mulai diambil oleh Bali United. Gol penyama kedudukan juga langsung tercipta tak lama pasca kick-off babak kedua. M. Rahmat membangun asa Laskar Tridatu untuk memulai langkah comeback.

Misi itu berjalan sempurna, karena Melvin Platje mencetak gol. Disusul dengan eksekusi penalti yang mulus Ilija Spasojevic, dan brace Platje di menit 76. Bali United 4-1 Than Quang Ninh.

Comeback tersebut seolah mewarnai pekan krusial sepak bola di Eropa yangmana dalam beberapa pertandingan, kita disuguhkan dengan fenomena tersebut. Seolah Bali United juga tertular "virus comeback".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan