Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Nama Kobe Bryant Melegenda Sampai ke Rumah-rumah Penikmat Sepak Bola

27 Januari 2020   16:11 Diperbarui: 28 Januari 2020   04:39 166 11 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nama Kobe Bryant Melegenda Sampai ke Rumah-rumah Penikmat Sepak Bola
Obituari Kobe Bryant. Sumber gambar: Gridoto.com

Dunia berduka, karena kehilangan salah satu legenda, Kobe Bryant. Penulis tidak merasa berlebihan untuk mengatakan demikian. Karena, ketika masih kecil pun penulis mengenal (tidak hanya tahu) nama itu dan LA Lakers.

Dua nama yang terus terngiang di kepala karena dua nama itu selalu bersama dan muncul di lembaran surat kabar langganan rumah, saat itu. Bahkan, meski penulis jarang sekali menonton pertandingan basket, apalagi NBA, penulis tetap mengetahui Kobe dan Lakers.

Tentu, penulis tidak bisa mengidolai keduanya. Karena tidak pernah melihat pertandingan yang melibatkan keduanya. Namun, setiap pagi di hari Minggu, penulis selalu menantikan kabar dari NBA, khususnya Kobe dan Lakers sebagai bonus ketika membaca rubrik sepak bola dan olahraga.

Menariknya, penantian itu seringkali "didukung" oleh media massa konvensional tersebut. Itu menandakan bahwa nama Kobe Bryant dan LA Lakers sangat mudah menarik perhatian masyarakat, bahkan meskipun mereka tidak terlalu gandrung dengan NBA.

Selain karena penayangan di televisi juga terbatas, bahkan terakhir penulis pernah menonton NBA saat itu adalah ketika masih balita dan belum tertarik menontonnya selayaknya menonton pertandingan bola. 

Begitu pula saat ini, jika disuruh memilih, penulis tetap menonton bola jika ada siaran basket di jam yang sama.

Dua legenda basket NBA beda generasi. Sumber gambar: Insertlive.com
Dua legenda basket NBA beda generasi. Sumber gambar: Insertlive.com
Nama besar Kobe Bryant bisa dikatakan nyaris sebesar Michael Jordan. Meski, penulis semasa sekolah tak pernah melihat sosok Jordan. 

Namun, nama tersebut sudah sangat akrab di telinga penulis dan setidaknya jika ditanya teman di sekolah tentang siapa pemain basket, jawabannya tidak salah jika harus menyebut Michael Jordan.

Alasannya adalah ketika itu, penulis tidak jarang mendengar nama Michael Jordan disebut oleh ibu penulis. Hal ini bisa dimaklumi karena faktor generasi. Jordan berada di masa sebelum Kobe Bryant eksis.

Sedangkan Kobe Bryant bisa dikatakan sepantaran dengan ibu-ibu dari generasi muda yang sepantaran dengan penulis. Maka tak mengherankan jika namanya lebih dikenal oleh generasi muda 2000-an dan 2010-an.

Bahkan di masa 2010-an sosok Kobe sudah dianggap veteran. Sedangkan Michael Jordan adalah generasi lebih tua dari Kobe yang tentunya tidak mengherankan jika para pengidolanya rata-rata adalah emak-emak. That's true!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN