Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penyuka Sepak Bola. Segala tulisan selalu tak luput dari kesalahan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Enam Aplikasi Ini Cocok Menemani Lebaran di Kampung Halaman

3 Juni 2019   17:10 Diperbarui: 3 Juni 2019   17:10 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi aplikasi ponsel pintar. (Gadgetsquad.id)

Memang ini akan cenderung subjektif. Karena, penggunaan aplikasi mobile akan menyesuaikan kebutuhan pengguna ponsel pintar tersebut. Di sini, saya akan menuliskan 6 aplikasi yang saya gunakan dan menjamin waktu saya tak akan sia-sia ketika berlebaran.

Pertama, adalah WhatsApp. Aplikasi chatting ini sangat vital bagi saya, karena dengan aplikasi ini, saya dapat tetap tersambung dengan orang-orang penting. Apalagi orangtua. Begitu pula dengan jalinan komunikasi terhadap teman-teman kreatif saya yang tentunya tidak boleh diabaikan dalam pengucapan 'selamat lebaran'. Sehingga aplikasi ini akan banyak membantu saya dalam mengisi hari-hari selama di kampung halaman.

Kedua, adalah aplikasi chatting lainnya yang tak kalah populer dan penting juga bagi saya. Di sini, ada LINE yang dapat menunjang kebutuhan chatting dan biasanya akan berkaitan dengan teman-teman sebaya maupun teman-teman bersantai lainnya. Apalagi di LINE ini ada fitur membaca berita terkini (LINE TODAY) yang dapat diakses kapan saja dan sesuai dengan minat masing-masing.

Aplikasi ketiga adalah GOJEK. Aplikasi pemesanan jasa transportasi via online ini sangat penting bagi saya yang ingin bepergian secara praktis tanpa perlu mengendarai kendaraan pribadi. Apalagi sebagai orang yang jarang pulang kampung (meski jarak antar kota masih dekat), maka saya juga perlu mengamati peraturan lalu-lintas (lalin) yang ada di kota asal saya---siapa tahu ada perubahannya. Hal ini penting, supaya saya tidak sampai melanggar tata-tertib lalin ketika mengendarai kendaraan.

Aplikasi keempat adalah WPS. Aplikasi ini sangat membantu saya khususnya sebagai penulis di Kompasiana, Blogspot, dan lainnya. Karena, tidak selamanya saya dapat menulis di personal computer (PC) saya. Sehingga, ketika ada momen-momen menarik, biasanya akan saya tulis di WPS yang juga terdapat fitur memo (catatan). Tanpa aplikasi ini, saya tidak tahu akan seperti apa ketika PC saya sedang tidak bisa digunakan untuk menyambung ke internet secara langsung. Sehingga, bagi saya, WPS ini sangat penting.

6 aplikasi di ponsel pribadi. (Screenshot/dokpri)
6 aplikasi di ponsel pribadi. (Screenshot/dokpri)
Aplikasi kelima adalah Wattpad. Memang baru sebulan saya menulis fiksi di aplikasi tersebut. Namun, karena baru sebulan maka proyek menulis fiksi di Wattpad dipastikan tak akan libur meski sedang lebaran. Saya akan berupaya tetap mengunggah sambungan-sambungan kisah yang saya tulis dengan judul Hati Baja*. Memang ini bukan original story saya. Namun, karena saya mendapatkan izin langsung dari pemilik ceritanya---Agustian Noor---maka, saya tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk belajar menulis secara profesional di Wattpad.


Aplikasi terakhir yang sangat penting bagi saya saat menghabiskan waktu di masa lebaran ini adalah Ciayo. Ciayo adalah aplikasi/platform komik web (webtoon) yang juga merupakan platform buatan Indonesia. Komik web ini menampung banyak karya komik dari putra-putri Indonesia yang tentunya sangat layak untuk dinikmati oleh pembaca komik masa lalu---orang lawas yang biasanya membaca komik cetak---dan masa kini.

Melalui aplikasi ini pula, saya bisa menemukan banyak komik menarik dan salah satunya adalah Hati Baja. Beruntung sekali, saya mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan komikusnya (author-nya) dan kemudian mendapatkan kepercayaan untuk menulis kembali kisah Hati Baja dengan versi tulis di Wattpad.

Itulah 6 aplikasi yang dapat saya bagikan dan saya berpikir bahwa 6 aplikasi ini tak hanya vital bagi saya, namun juga menarik untuk diketahui oleh para pembaca Kompasiana. Salam hangat dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H!

Tulungagung, 3 Juni 2019
Deddy Husein S.

*Jika ingin mengetahui (membaca) Hati Baja versi komik silakan klik tautan ini. Begitu pula untuk membaca versi tulisnya, ada di sini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun