Mohon tunggu...
Fery Deddy Fahriza
Fery Deddy Fahriza Mohon Tunggu... Lainnya - Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Keuntungan Jika Mengelola Sampah dengan Benar, Gak Asal Buang!

24 September 2021   13:20 Diperbarui: 24 September 2021   13:22 28 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Keuntungan Jika Mengelola Sampah dengan Benar, Gak Asal Buang!
Saat PT IMIP bersama warga Bahodopi melakukan aksi bersih-bersih sampah di WCD 2021. Sumber foto: Humas PT IMIP

Lingkungan tentunya menjadi konsentrasi utama yang harus diperhatikan bagi masyarakat hingga pelaku industri di sekitar. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang mengajak ratusan warga Kecamatan Bahodopi untuk membersihkan sampah sekaligus memperingati World Cleanup Day (WCD) 2021. 

Kegiatan utama dari aksi bersih-bersih yang bertemakan "Bersatu untuk Indonesia Bersih" tersebut adalah mengumpulkan dan mengelola sampah sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan sekitar. 

Selain mengumpulkan dan mengelola sampah, kegiatan WCD 2021 yang diikuti oleh 180 negara di dunia dengan melibatkan 20 juta volunteer termasuk PT IMIP ini juga memberikan edukasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, organik dan anorganik.  

Pengolahan sampah yang dilakukan itu sejalan dengan keinginan Camat Bahodopi, Tahir untuk menambah nilai ekonomis pada sampah. Seperti yang diketahui, sampah dapat memiliki manfaat dan dapat menambah penghasilan masyarakat apabila dikelola dengan baik dan benar. 


Sebagai pelaku industri, PT IMIP tentunya selalu mendukung kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum. Hal tersebut dikatakan oleh Koordinator Community Relations Departemen Eksternal IMIP, Thomas Deni Bintoro. Diharapkan, kedepannya mansyarakat bisa mengerti memilah sampah, tidak hanya di lingkungan PT IMIP namun juga lingkungan secara luas. 

Pada dasarnya, sampah memang harus dikelola dengan baik dan benar agar lingkungan tetap terjaga. Jadi, aksi bersih-bersih sampah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bagi warga Bahodopi untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Salah satunya dengan pintar memilah sampah berdasarkan jenis untuk mencegah adanya masalah dari sampah di kemudian hari. 

Jika aksi bersih-bersih yang dilakukan satu hari secara serentak di seluruh dunia tersebut dilakukan, Indonesia dan seluruh dunia akan terbebas dari masalah  sampah di masa yang akan datang nanti.

Mohon tunggu...
Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan