Mohon tunggu...
Fabianus DeBryan
Fabianus DeBryan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Atma Jaya Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi (2018)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gelar Konferensi Pers, Direktur Pascasarjana UAJY Memperkenalkan Program Pascasarjana UAJY kepada Mahasiswa

29 Oktober 2020   11:13 Diperbarui: 29 Oktober 2020   11:33 10 2 0 Mohon Tunggu...

Yogyakarta, 27 Oktober 2020 -- Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi studi Media dan Digital FISIP UAJY tampak antusias mengikuti Konferensi Pers yang digelar oleh Direktur Pasccasarjana UAJY melalui aplikasi video conference. Pada Konferensi Pers yang dipimpin oleh Yohanes Widodo atau yang akrab dipanggil Mas Boi, salah satu Dosen Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY ini berisikan beberapa topik presentasi yang penting untuk didengarkan oleh mahasiswa.

"Pada tahun 1993 berdasarkan SK Dikti, waktu itu UAJY membuka yang namanya Program Studi Magister Manajemen karena pada waktu itu namanya masih belum Pascasarjana. Saat itu, unit ini dipimpin oleh seorang Direktur dan dibantu hanya oleh dua orang Wakil Direktur di Bidang Administrasi dan Keuangan serta Bidang Akademik dan hanya punya seorang Ketua Program Studi Magister," tutur Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ade Lisantono kepada audiens, Kamis (22/10/2020).

Setelah bercerita sedikit sejarah munculnya Program Pascasarjana UAJY, Direktur Pascasarjana UAJY juga menjelaskan visi dan misi Program Pascasarjana UAJY yang diturunkan berdasarkan visi dan misi UAJY yakni berjiwa unggul, inklusif, dan humanis serta mampu memberi sumbangan kepada kualitas kehidupan yang lebih baik melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran, mereka mengajarkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Misi dari Program Pascasarjana yakni meningkatkan dan memajukan ilmu pengetahuan teknologi dan bermanfaat bagi peradaban dan martabat manusia melalui pengembangan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang berwawasan global, handal, etis, dalam penyelenggaraan mata kelola pasar yang baik yang diiringi semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.

Setelah selesai memperkenalkan Program Pascasarjana UAJY, kemudian dibuka sesi tanya jawab. Pertanyaan muncul dari Nicholas Freddy, salah satu mahasiswa yang mengikuti Konferensi Pers ini, "Saya ingin menanyakan terkait dengan monodisiplin dan multidisiplin yang ada di Program Pascasarjana ini, maksudnya seperti apa ya? Terimakasih".

"Monodisiplin merupakan program yang ada di Pascasarjana UAJY yang mana mahasiswa hanya dapat memilih satu bidang keahlian saja dan untuk multidisiplin merupakan Program Pascasarjana UAJY yang mana mahasiswanya dapat mengambil lebih dari satu bidang keahlian", tutur Direktur Pascasarjana dalam menjawab pertanyaan Nicholas Freddy.

Pada Konferensi Pers ini juga disampaikan kelebihan Program Pascasarjana UAJY sehingga layak untuk dijadikan tempat untuk melanjutkan studi Strata 2. Program Pascasarjana UAJY memberikan fasilitas yang memadai untuk mahasiswanya, mulai dari lift yang disediakan di kampus hingga ruang kelas ber-AC. Perkuliahan pada Program Pascasarjana juga bisa dilaksanakan pada akhir pekan sore hari.

"Sumber daya manusia yang memadai untuk mendukung sektor manufaktur teknik industri sehingga mampu mempelajari lebih jauh tentang konsep bisnis analitik yang mana saat ini kita paham betul bahwa revolusi industri sudah masuk ke 4.0 di mana dengan menggunakan teknologi internet kita bisa membeli semua data", tutur Pak Rahmat salah satu Pengelola Program Pascasarjana Teknik Industri UAJY.

Konferensi Pers yang digelar ini diharapkan mampu menjadi pemantik bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi mereka di Strata 2. Program Pascasarjana UAJY yang juga menawarkan kurikulum yang istimewa karena akreditasi yang sudah terbukti baik dan tidak diragukan lagi prestasinya dapat dijadikan alasan mengapa harus melanjutkan studi di Pascasarjana UAJY.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x