Mohon tunggu...
Deborah Ghea
Deborah Ghea Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Gojek Indonesia

8 Mei 2018   21:54 Diperbarui: 9 Mei 2018   00:12 898
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gojek merupakan salah satu perusahaan transportasi online yang cukup besar pada sekarang ini di Indonesia. Hal ini dikarenakan layanan yang diberikan kepada masyarakat dalam bepergian, membeli makanan dan mengantarkan suatu barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Sehingga tidak heran, jika masyarakat lebih memilih menggunakan jasa online ini dalam membantu mereka untuk melakukan kegiatan tertentu dalam kesehariannya.

Aplikasi Gojek yang dapat di download dengan mudah melalui play store menambah keunggulan dari aplikasi ini. Sehingga, perkembangan aplikasi Gojek pun terus dilakukan, agar tetap mampu memberikan pelayanan yang semakin sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam mengembangkan popularitasnya, Gojek juga aktif menggunakan media sosial untuk semakin memperkenalkan dan menginformasikan setiap layanan apa saja yang dihadirkan oleh transportasi online ini. Media sosial yang digunakan, seperti instagram dan twitter.

Jika kita sedikit memiliki waktu untuk melihat media sosial yang mereka miliki, maka disana akan tampak bagaimana seorang penulis kreatif dari perusahaan Gojek bekerja. Di mana penulis menciptakan imajinatif bagi orang yang melihatnya untuk dapat membayangkan kenyamanan seperti apa yang dapat diberikan oleh pengemudi kepada penumpang.

Hal ini terjadi bukan hanya karna penulis kreatif dari Gojek mampu untuk memainkan imajinatifnya, tetapi dia juga menguasai bahasa dan kosa kata yang ada untuk menulis setiap caption pada akun media sosial Gojek Indonesia yang dapat menimbulkan kepekaan dan juga imajinasi dari pembacanya.

Bukan hanya melihat dari apa yang akan dikatakan, media sosial dari Gojek Indonesia juga memikirkan bagaimana setiap kata yang akan mereka berikan mampu dimengerti oleh banyak orang, khususnya para akun yang menjadi pengikut mereka. Hal ini dilakukan agar pengikut dapat dengan mudah memperoleh informasi dari setiap promo atau pun acara yang sedang diadakan oleh Gojek.

Memilih media sosial sebagai salah satu media penyampaian informasi, pastinya Gojek sudah mempertimbangkan sasaran seperti apa yang mereka targetkan untuk melakukan strategi pemasaran dan promosi. Di mana hal ini dilakukan agar strategi pemasaran dapat tersampaikan dengan baik, sehingga jasa layanan dari transportasi online ini dapat dipergunakan dan dimengerti oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain itu, media sosial dari Gojek Indonesia juga aktif mengunggah aktivitas pengemudi pada saat acara nasional, seperti pada hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April kemarin. Terlihat para perempuan yang menjadi driver Gojek melakukan kegiatan berkebaya, yang mana hal ini bertujuan untuk menciptakan sebuah visual yang mampu menarik perhatian dari orang-orang pengguna media sosial, khususnya instagram dan twitter.

Hal ini dilakukan karena pada zaman sekarang masyarakat lebih tertarik kepada sebuah cerita sehingga mereka dapat dengan mudah tergerak untuk melakukan, mengikuti, dan memberi empati dan menghasilkan sebuah respon yang mampu meningkatkan eksistensi dari Gojek.

Usaha yang dilakukan oleh Gojek Indonesia dalam menjaga dan semakin menambah eksitensi diri menunjukkan bahwa strategi dan seorang cretive copy writter sangat lah penting untuk dimiliki. Sebab, melalui hal ini dapat meningkatkan jumlah pengguna transportasi online yang juga berdampak pada pembentukan citra dan identitas dari Gojek.

Penggunaan visualisasi dan strategi media sosial yang dipilih juga menjadi keunggulan tersendiri. Di mana Gojek berupaya untuk membangun sebuah media kreatif dengan menampilkan gambar dan tulisan yang menarik pembaca untuk melihatnya. Seperti di twitter, Gojek Indonesia menggunakan bahasa yang lebih ringan dalam menyapa penggunanya dibandingkan dari instgram yang terlihat lebih menggunakan bahasa formal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun