Mohon tunggu...
Debby Nursyahbani
Debby Nursyahbani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Happy Reading!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peran Komunikasi Interpersonal dalam Pemeliharaan Hubungan Keluarga

18 Januari 2022   12:14 Diperbarui: 18 Januari 2022   12:33 107 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: vectorstock.com

Keluarga adalah satu komponen yang sangat mengikat. Kita semua tentu memiliki keluarga, dengan latar belakang yang berbeda-beda. Keluarga sangat berpengaruh pada hidup seseorang, baik secara internal maupun eksternal. Lalu bagaimana car akita untuk tetap dapat memelihara hubungan baik di dalam sebuah keluarga? Disinilah peran penting dari adanya komunikasi interpersonal. Menjaga komunikasi memang sangat penting, terutama di dalam sebuah keluarga, dan orang-orang terdekat di lingkungan kita.

Komunikasi interpersonal ini tidak hanya melibatkan dua orang namun juga lebih. Komunkasi interpersonal ini sendiri merupakan komunikasi yang melibatkan semua elemen dalam berkomunikasi. Sehingga jika terjadi sebuah konflik di internal berarti ada sesuatu dalam proses komunikasi interpersonal seseorang tersebut.

Konflik kerap kali hadir di dalam hidup seseorang, baik dari internal mau eksternal. Konflik akan terus terjadi di dalam lingkungan sosial. Hal ini pure terjadi karena memang tiap-tiap orang memiliki dasar pendukung gaya komunikasi nya masing-masing. Dalam kasus kali ini, saya akan focus membahasa mengenai peran penting komunikasi interpersonal dalam pemeliharaan hubungan keluarga.

Sebagai makhluk sosial, tentu manusia membutuhkan komunikasi. Untuk dapat saling mengerti, memahami, merasakan, dan lain sebagainya. Begitu penting bagi kita untuk mengetahui dan mengerti bagaimana sih cara berkomunikasi yang baik, yang ramah diterima oleh tiap lapisan masyarakat di dalam sebuah lingkungan. Perlu kita sadari bahwa komunikasi yang baik maka akan menciptakan hubungan yang baik pula.

Di dalam sebuah keluarga tidak hanya terdiri oleh satu orang, namun ada ayah, ibu, kakak, adek, mungkin juga ada yang tinggal Bersama kakek nenek nya, atau  bersama keluarga yang lain. Untuk dapat hidup bersama perlu ada nya komunikasi interpersonal yang mendukung dari tiap-tiap orang yang ada di dalam keluarga tersebut. Di dalam sebuah keluarga tentunya tidak selalu berjalan mulus. Kerap kali di dalam sebuah keluarga terjadi konflik, yang dimana konflik ini nantinya akan menjadi boomerang bagi tiap anggota keluarga. Akan terjadi perpecahan pendapat, dan juga perselisihan dalam komunikasi.

Karakteristik tiap anggota keluarga tentu berbeda. Tidak bisa dipukul rata begitu saja. Maka dari itu perlu adanya komunikasi yang baik  antar tiap anggota keluarga. Menumbuhkan rasa peduli dan menumbuhkan rasa untuk saling mengerti. Hal-hal kecil seperti itu merupakan bentuk dari kita telah menjaga atau memelihara hubungan baik dalam sebuah keluarga. Sebenarnya banyak sekali cara untuk dapar menghindari konflik atau memperkecil konflik dalam sebuah keluarga. Misal seperti menerapkan makan bersama, liburan bersama, dan berbincang bersama di ruang keluarga. Saling terbuka tentang apa yang sedang dirasakan, atau saling bertukar pikiran. Hal-hal tersebut sangat membantu untuk memelihara hubungan di dalam keluarga. Komunikasi tidak melulu tentang berbicara, di dalam hubungan komunikasi interpersonal seperti yang sudah disinggung di atas tadi, bahwasanya komunikasi interpersonal merupakan komunikasi yang melibatkan segala elemen dalam komunikasi.

Dari banyak nya konflik yang terjadi dalam sebuah keluarga, kebanyakan disebabkan karena adanya komunikasi yang kurang baik antar tiap anggota keluarga. Hal demikian sangat berpengaruh kepada pemeliharaan hubungan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa keharmonisan keluarga sangat berpengaruh kepada pembentukan karakter seseorang dan bagaimana seseorang dapat bergaul dan bersosialisasin di lingkungan masyarakat.

Daftar Pustaka :

Sadirman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, Rajawali Press. 

Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan