Mohon tunggu...
Deanisa Adilla P
Deanisa Adilla P Mohon Tunggu... Learn to know

Seseorang yang suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 di Kelurahan Pajang, Laweyan, Surakarta

6 Juli 2020   10:28 Diperbarui: 6 Juli 2020   10:32 8 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam rangka menyelesaikan Program Sarjana di Universitas Sebelas Maret, mahasiswa UNS melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam berbentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar, Universitas Sebelas Maret menetapkan perubahan kebijakan atas kegiatan KKN UNS periode 2020. 

KKN UNS periode 2020 dilakukan secara individu di daerah masing-masing. Dengan perubahan kebijakan ini diharapkan relawan dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk membantu dalam upaya pencegahan Covid-19 di daerah masing-masing. Dalam pelaksanaannya pun relawan tetap diminta untuk menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker ketika terjun ke masyarakat dan menghindari mengadakan kegiatan yang akan menimbulkan kerumunan orang. 

Salah satu mahasiswa UNS yang melaksanakan program KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 adalah Deanisa Adilla Putri. Relawan melaksanakan KKN UNS di Pajang RT 003 RW 008, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Pencegahan terhadap wabah Covid-19 di wilayah RT 003 RW 008 sudah terlaksana dengan baik. 

Hal ini didukung dengan adanya tingkat kesadaran masyarakat yang baik dan upaya pencegahan yang baik dari pihak RW 008 maupun RT 003. Fokus utama program kerja relawan adalah penerapan PHBS. Relawan membantu dalam pemenuhan fasilitas kebersihan di wilayah RT 003 serta mengadakan pembagian masker kain kepada warga yang tidak menggunakan masker ketika hendak memasuki RT 003.

Upaya yang dilakukan pihak RW 008 untuk mengontrol keluar masuknya warga dari luar serta sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan mendirikan posko Satgas di beberapa titik wilayah RW 008. Di setiap posko Satgas dilengkapi dengan alat pengecek suhu dan fasilitas kebersihan dimana warga yang akan masuk maupun keluar dari RW 008 dapat memanfaatkan fasilitas tersebut. 

Relawan pun ikut serta sebagai satgas dengan melakukan pendataan dan melakukan pengecekan suhu kepada warga yang hendak masuk ke wilayah RT 003. Diharapkan dengan adanya pelaksanaan KKN Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19 akan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x