Mohon tunggu...
Rahmi AndiniSyamsuddin
Rahmi AndiniSyamsuddin Mohon Tunggu... Dosen Universitas Pamulang

Nothing is imposible

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang tetap semangat mengadakan PKM di tengah Pandemik Covid-19

1 Juli 2020   08:10 Diperbarui: 1 Juli 2020   12:39 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dosen Program Studi Manajemen Universitas Pamulang tetap semangat mengadakan PKM di tengah Pandemik Covid-19
Dosen Unpam mengadakan PKM 

Sejumlah dosen serta Mahasiswa dari Prodi Manajemen Universitas Pamulang melakukan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang merupakan salah satu dari 3 Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilakukan tiga hari yaitu pada tanggal 26 Juni 2020 s/d 28 Juni 2020 bertempat di rumah dari Ketua Posyantek Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yaitu Bapak Hasan Basri, S.Pd. Hal ini dilakukan karena saat ini masih dalam kondisi Pandemik Covid-19, jadi protokol kesehatan tetap diberlakukan.

Dalam kegiatan pengabdian tersebut, Unpam mengirimkan beberapa dosennya untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para Kader Posyantek di Kecamatan Setu. Tema yang diangkat yaitu “Peningkatan Kinerja Kader Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna) dalam Pelaksanaan Program Pengelolaan Teknologi Tepat Guna (TTG)”. Terlihat dalam kegiatan itu, para dosen UNPAM memberikan pelatihan kepada para kader Posyantek Kecamatan Setu.

Ketua pelaksana PKM yaitu Bapak Angga Pratama, S.E., M.M. mengatakan bahwa tujuan diadakannya program tersebut untuk memberikan ilmu yang didapat oleh para Dosen untuk dapat dimplementasikan kepada masyarakat serta memberi motivasi kepada para penemu/inovator dan pengurus posyantek untuk selalu berinovasi mengembangkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki untuk dapat diujicobakan dan diterapkan kepada masyarakat umum untuk kemajuan ekonomi. Selain itu tujuan diadakan PKM adalah untuk meningkatkan pemahaman bagaimana pengelola dan operator Posyantek harus dapat mengoptimalkan sekretariat dan perangkat teknologi informasi yang ada untuk mengoptimalkan pelayanan kepada UKM-UKM yang tersebar di kecamatan serta memberikan pengetahuan mengenai teknologi seperti apa yang dapat membantu masyarakat UKM meningkatkan produktivitasnya, seperti apa panduan penggunanya, hingga urun beli alat teknologi tepat guna yang bermanfaat, mungkin menjadi salah satu isu mengapa Posyantek sebagai aspek kelembagaan yang penting dalam kaitannya UKM dan Teknologi Tepat Guna.

Lebih lanjut Angga mengatakan bahwa ini adalah kali ketiga Universitas Pamulang melakukan PKM kepada pengurus Posyantek yang merupakan PKM-PKS yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Perjanjian Kerja Sama antara Program Studi Manajemen Universitas Pamulang dengan Kecamatan Setu dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Semua kegiatan yang dilakukan pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi para peserta yang dalam hal ini adalah kader dari Posyantek Kecamatan Setu serta dapat memberikan manfaat bagi internal akademisi dan masyarakat umum.

“Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen serta mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Manajemen UNPAM, diharapkan mampu memberikan solusi dan pembekalan teknis kepada para kader Posyantek  dalam meningkatkan kinerja SDM sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sekitar dalam rangka menyongsong revolusi industri 4.0,” ujarnya.

VIDEO PILIHAN