Mohon tunggu...
Dea Ananda Putra Sitorus
Dea Ananda Putra Sitorus Mohon Tunggu... Universitas Malikussaleh

Mahasiswa Pertanian Universitas Malikussaleh Provinsi Aceh. Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Lhokseumawe

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kejagung Terbakar, Asumsi Konspirasi Menyebar

24 Agustus 2020   08:44 Diperbarui: 24 Agustus 2020   08:44 62 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kejagung Terbakar, Asumsi Konspirasi Menyebar
Gedung kejaksaan agung yang terbakar (Megapolitan.kompas.com)

Kantor Kejaksaan Agung terbakar pada Sabtu (22/8/2020) malam. Api mulai berkobar sekitar pukul 19.10 WIB.Kebakaran itu terjadi di Gedung Kejaksaan Agung yang beralamat di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Siapa sangka, gedung megah yang berdiri kokoh ludes terbakar dengan segala pertanyaan. Banyak spekulasi hingga isu konspirasi menjadi opini di khalayak ramai. Menurut Informasi dari kompas.com bahwa api berasal dari lantai 6 yang merambat hingga ke lantai 1 gedung. Masih jadi pertanyaan apakah gedung sebesar itu tidak ada perangkat seperti alarm kebakaran, ataupun pemadam otomatis digedungnya. Akan tetapi mungkin fitur tersebut tak berguna jika api besar telah berkobar.

Kejadian ini mengingatkan penulis dengan suatu berita dahulu , tentang membakar rumahnya sendiri untuk pencairan asuransi atau berupaya meninggalkan jejak dengan membakar rumahnya sendiri. Mungkin hal itu mengerucut kepada kepentingan yang berujung merusak harta miliknya sendiri.

Untuk saat ini memang masih menjadi misteri kenapa gedung kejaksaan terbakar?. Atau dibakar?

Pernah penulis mendengar suatu kasus dalam sebuah institusi pendidikan. Terjadi pembakaran Secara sengaja pada gedung kantor pusat administrasi yang berisi ratusan dokumen pendidikan bahkan laporan pertanggungjawaban anggaran. Menurut berita yang meliput, bahwa isi kantor habis dan tak tersisa satu pun. 

Dalam peristiwa itu ditemukan seorang pelaku yang mengaku sebagai pembakar dan langsung menyerahkan diri di kantor polisi. Kendati demikian, ada hal yang diuntungkan didalam peristiwa itu, seperti hilangnya dokumen dokumen pertanggungjawaban anggaran yang mungkin ada manipulasi disitu. Sehingga terpaksa harus membuat data baru yang seadanya. Ini sangat menguntungkan penguasa.

Berkas Berkas Penting Aman

Dilansir dari KOMPAS.COM Jaksa Agung ST Burhanuddin  memastikan bahwa tidak ada berkas perkara dan alat bukti yang terbakar dalam peristiwa itu.Senada dengan Jaksa Agung, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono juga memastikan bahwa dokumen penanganan perkara aman.Dokumen-dokumen tersebut disimpan di gedung terpisah, yakni di Gedung Bundar, tempat bagian pidana khusus bekerja dan gedung Jaksa Agung Muda Pidana Umum atau Jampidum.

Keterangan yang ada mengatakan bahwa berkas berkas perkara aman dan disimpan digedung kejaksaan lainnya. Sedikit heran memang, gedung sebesar itu tidak menyimpan berkas berkas penting. Padahal itu adalah gedung induk kejaksaan. Berarti selama ini berkas berkas perkara tidak disimpan digedung pusat kejaksaan?. Sangat riskan dokumen pentingnya bocor.

Semoga memang benar adanya bahwa berkas berkas penting benar benar aman dan tidak ada pembaruan dokumen yang bersifat manipulatif.

Pemadaman Dilakukan Semalaman

Pada peristiwa itu, 40 mobil pemadam kebakaran dan 200 petugas profesional diturunkan. Penjagaan ketat dilakukan untuk efisiensi proses pemadaman. Khalayak ramai yang hadir mengabadikan momen tersebut sampai disiarkan langsung di TV. Ini menjadi tontonan menarik masyarakat. Gedung mewah nan megah milik kejaksaan terbakar hangus.

Petugas damkar yang hadir seperti tidak berefek karena kondisi gedung kejaksaan terbakar disemua sisi. Proses yang sangat panjang hingga satu malam untuk memadamkan api yang membakar seisi kantor. Penulis teringat kisah legenda yang membangun candi satu malam hanya karena permintaan seorang kekasih. Akan tetapi ini berbeda, satu malam yang katanya bukan permintaan. Melainkan sebuah kecelakaan yang belum diketahui penyebabnya.

Gedung kejaksaan yang terbakar disemua sisi (kabar24.bisnis.com)
Gedung kejaksaan yang terbakar disemua sisi (kabar24.bisnis.com)
Dibalik statement statement tersebut tidak bisa dipungkiri bahwa akan banyak asumsi negatif mengenai peristiwa ini. Persepektif kecelakaan mungkin dapat dengan mudah diterima. 

Akan tetapi berita ini dapat digoreng dan diarahkan kemana mana untuk dikemas menjadi senjata. Banyak yang mengira peristiwa ini adalah konspirasi belaka untuk melenyapkan apa yang harus dilenyapkan. Kendati demikian sebagai warga negara kita turut berdukacita atas peristiwa ini dan berharap pihak yang berwajib dapat memecahkan kasus ini dan segera menyampaikannya kepada masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x