Mohon tunggu...
Dea Fitri Alinda
Dea Fitri Alinda Mohon Tunggu... Siswa SMAN 28 Jakarta - XI IPA 1

In this world, it takes all the running you can do to keep in the same place

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar Bahasa Asing sebagai Investasi selama Pandemi

3 Agustus 2020   03:54 Diperbarui: 3 Agustus 2020   04:15 291 8 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang telah kita ketahui, dunia masih berjuang melawan pandemi COVID-19 yang dimulai akhir tahun lalu. Sama halnya dengan tanah air kita, Indonesia. 

Dengan banyaknya kasus yang muncul, pemerintah menerapkan berbagai cara untuk menekan penyebaran virus ini, salah satunya dengan cara social distancing dan PSBB. Adanya PSBB ini secara tidak langsung mengharuskan kita untuk melakukan banyak hal di rumah.

Menghabiskan banyak waktu di rumah tentunya terasa sepi dan membosankan. Tidak jarang saat-saat seperti ini justru membuat kita memiliki hobi baru yang absurd. 

Padahal, ada banyak hal lain yang lebih bermanfaat untuk kita lakukan seperti mengasah kemampuan memasak, mengasah kemampuan berbenah, menulis artikel, bahkan melakukan investasi.

Tidak perlu emas atau saham kok. Belajar bahasa asing merupakan salah satu investasi yang dapat kita lakukan lho!. Dengan memperluas kemampuan berbahasa, peluang untuk survive di era globalisasi ini semakin tinggi, dapat menjadi modal untuk kita melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan, serta melengkapi hobi traveling yang kamu miliki. 

Nah, disini penulis akan membagikan sedikit tips untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing selama masa pandemi ini. Yuk, disimak!

1. Komitmen
Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mempelajari sesuatu adalah menemukan kemauan dan berkomitmen melakukan hal tersebut. Ini berarti, kamu harus rutin dan rajin memperbarui dan memperbaiki kemampuan berbahasa milikmu.

2. Membuat catatan
Memiliki kamus untuk bahasa asing yang ingin kamu pelajari itu penting, tetapi membuat catatan milikmu sendiri juga tidak kalah penting. Terkadang, kita akan lebih mudah menghafal sesuatu apabila menuliskan hal itu sendiri. 

Oleh karena itu, ada baiknya kamu membuat catatan pribadi milikmu. Kamu dapat mengisinya dengan kosakata bahasa asing yang kamu pelajari ataupun kemajuan belajarmu.

3. Atur waktu belajar
Mempelajari bahasa asing memang sulit, sebagian orang terkadang merasa bosan. Oleh karena itu, kamu harus pandai memilih waktu untuk belajar. Gunakan waktu senggang ketika tubuh, pikiran dan mood mu sedang baik, serta istirahatlah jika kamu merasa cukup.

4. Gunakan berbagai sumber
Inilah saatnya kamu gunakan hobi yang kamu temukan selama masa pandemi ini. Mendengarkan lagu, dan menonton film dapat menjadi salah satu sumber belajar bahasa asing selain kamus dan internet. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x