Anak  usia  dini  adalah  masa  pertumbuhan  dan  perkembangannya  dimulai  dari  usia nol   sampai   dengan   delapan   tahun.   untuk   membantu proses pertumbuhan   dan perkembangan  anak,  maka  perlu  adanya  pemberian  stimulus yang  diberikan kepada  anak agar  pertumbuhan  dan  perkembangan  anak  berkembang  secara  optimal. Â
Oleh  karena  itu anak  usia  dini  menjadi  pusat  perhatian  yang  sangat  penting  untuk diperhatian sehingga  setiap anak akan berkembang sesuai dengan tingkatan usianya melalui stimulasi yang telah diberikan kepada anak baik itu dari orang tua, guru disekolah maupun masyarakat yang ada disekitarnya. Menurut  Priyanto  (2014:42)  Anak  usia  dini  adalah sekelompok  manusia  yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Usia dini disebut juga sebagai masa emas  yang  tumbuh  dan  berkembang  sesuai  dengan  tahap  perkembangannya. Â
Pada  usia tersebut  anak  memiliki  berbagai  aspek  perkembangan  yang  harus  diberi  stimulus  agar berkembang  dengan  optimal  baik  itu  perkembangna  kognitif,  motorik,  bahasa,  emosional,  moral  dan  agama  serta  kreativitas. Menurut Yulso friend(2013)  Pendidikan  anak  usia dini merupakan  hal  yang  sangat  esensial  bagi  perkembangan  anak.
 Hal  ini  didasarkan  pada alasan-alasan  bahwa  usia  dini  merupakan  fase  fundamental  perkembangan  dan  belajar anak;  belajar  dan  perkembangan  merupakan  suatu  proses  yang  berkesinambungan; tuntutan masa depan akan generasi unggul semakin kompetitif  dan tuntutan perubahan pola dan sikap hidup dalam bermasyarakat.Â
Sejalan dengan itu Pendidikan  anak  usia  dini  bertujuan  untuk  mengembangkan  berbagai  potensi  yang dimiliki agar lebih optimal lagi  sesuaidengan  tahap perkembangannya.  Pendidikan anak usia   dini   menjadi   salah   satu   persiapan   anak   untuk   menyesuaikan   diri   dengan  lingkungannya.  Â
Menurut  Rakimahwati  (2013)  Paud  secara  umum  bertujuan  untuk mengembangkan  berbagai  potensi  anak  sejak  dini  dengan  lingkungannya.  Artinya  Paud menjadi landasan dasar untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada pada anak baik itu  fisik  maupu  psikologisnya.  Pada  masa  ini  menjadi  bekal  anak  untuk  menuju  proses perkembangna selanjutnya. Pada masa usia tersebut anak akan berkembang sesuia dengan tahap perkembangannya melalui stimulus yang diberikan oleh orang yang ada disekitarnya.
Membaca  merupakan  salah  alat  bantu  yang  dapat  digunakan  dalam  membantu proses  pertumbuhan  dan  perkembangan   anak.  Membaca  menjadi  bagian  yang  harus dilibatkan dalam  proses  pembelajaran.  Ikawati  (2013)  menyatakan  membaca merupakan salah  satu  fungsi  tertinggi dari  otak  manusia. Â
Membaca  menjadi  salah  satu fungsi  paling penting dalam hidup dan membaca  juga dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada  kemampuan  membaca. Sehingga  anak  yang  memperoleh  keterampilan  membaca sejak  dini akan  lebih  mudah  menyerap  informasi  dan  pengetahuan  pada  waktu-waktu selanjutnya dalam  kehidupan  anak.Ulfah  &Rahmah  (2017)  menunjukkan  bahwa kegiatan membaca harus ditanamkan ke dalam diri setiap individu.Â
Dimana dengan membaca dapat memperoleh informasi, karena seseorang tidak bisa hanya mendengar dari orang lain saja, tetapi  juga  harus  membaca  informasi  tersebut  agar  lebih  akurat  dan  dapat  dipercaya. Sehingga membaca memberikan respon yang baik dalam membantu tumbuh kembang anak agar tercapai dengan optimal.
Media busy  book adalah  salah  satu  media yang  berbentuk  seperti  lembaran  buku tulis  yang  bahan  utama  pembuatan  media  tersebut  adalah  dari  kain  flanel  maupun  kain perca.Â
Setiap  halaman  dari  buku  tersebut  terdapat  berbagai  aktivitas  yang  disertai  dengan warna-warni   yang   menarik   bagi   anak   sehingga dapat   membantu   merangsang perkembangan  pada  anak. Media busy  book ini  diharapkan  dapat  membantu  guru  dalam mengembangkan kemampuan anak dalam membaca. Menurut Annisa, Agustin, &Eliyawati (2018)  busy  book adalah  pengembangan  dari  buku  edukatif.  Busy  book terbuat  dengan bahan  kain  flanel   dengan  warna  yang  menarik  dan  tidak  berbahaya  untuk  anak,  dengan ukuran  25  x  25  cm.   proyek  mengembangkan  keterampilan  anak  seperti  mengancingkan, beberapa  konsep  juga  mengajarkan  seperti  menghitung,  mengenal  ukuran,  bentuk  dan warna,  mengelompokan  bentuk  dan  warna.Â