Mohon tunggu...
Dea Maharani
Dea Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan Angkatan 2018

KKN TIM II UNDIP PERIODE 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Perikanan Undip Adakan Pelatihan Diversifikasi Produk Perikanan di Pinggir Sungai

11 Agustus 2021   02:11 Diperbarui: 11 Agustus 2021   02:12 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Wonogiri (1/8/21). Dimasa pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai ini membuat seluruh masyarakat Indonesia harus tetap menjaga imun tubuh dengan nutrisi yang baik. Dengan adanya imun yang kuat mampu mencegah tertularnya virus Covid-19. Selain itu pandemi ini juga mengakibatkan turunnya perekonomian masyarakat.

Dalam menyikapi kondisi pandemi, masyarakat dituntut untuk selalu memiliki imun tubuh yang kuat. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat. Hal ini yang mendorong Mahasiswa Kkn Tim II Undip Periode 2021 mengajak warga di Dusun Watu Pecah, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri untuk meningkatkan konsumsi gizi. Salah satu cara untuk memperoleh gizi yaitu dengan mengkonsumsi ikan, mengingat kandungan protein dalam ikan baik untuk tubuh.

Ikan memiliki banyak sekali manfaat. Selain kandungan gizi yang sehat dan baik untuk meningkatkan imun tubuh, ikan sangat berpotensi untuk dijadikan sebuah peluang bisnis. Menyadari bahwa kondisi pandemi membuat perekonomian masyarakat menurun dan berkurang. Saat ini ikan dapat diinovasikan menjadi berbagai macam olahan produk salah satunya yaitu olahan ikan menjadi produk nugget.

Pelatihan dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Pertemua pertama berisi tentang pelatihan pembuatan nugget kan nila mulai dari bahan baku hingga bahan setengah jadi yang lokasinya berada di lapangan voli. Kegiatan dilakukan di ruang terbuka untuk menekan persebara virus Covid-19. Pertemuan kedua berisi tentang pelatihan cara filet ikan nila. Sasaran utama sosialisasi ini adalah ibu rumah tangga dan kelompok nelayan Dusun Watu Pecah. Berikut hasil dari pengolahan nugget ikan nila;

Produk Olahan Nugget Ikan Nila/dokpri
Produk Olahan Nugget Ikan Nila/dokpri

Lokasi KKN tepatnya berada di Dusun Watu Pecah, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri. Alasan utama pemilihan dusun ini karena Dusun Watu Pecah memiliki komoditas unggulan di bidang perikanan yang mana sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan di sungai Gedong, sehingga diharapkan sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Foto Pelatihan Pengolahan Nugget Ikan Nila/dokpri
Foto Pelatihan Pengolahan Nugget Ikan Nila/dokpri

Adanya KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa Undip melalui sosialisasi mengenai pentingnya menjaga imun dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan berlatih diversifikasi produk perikanan sebagai peluang bisnis untuk menunjang perekonomian, diharapakan masyarakat dapat memahami mengenai pentingnya menjaga imun tubuh dengan memenuhi nutrisi tubuh sehingga tubuh dapat terjaga dan terhindar paparan virus Covid-19 serta membantu perekonomian masyarakat.

Penulis : Dea Maharani

DPL : Muhyidin, S.Ag., M.Ag., MH.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan