Mohon tunggu...
Dayyan HilmiRamdani
Dayyan HilmiRamdani Mohon Tunggu... Pelajar

Just Fly

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Hasil Pemilu AS: Biden Menang, Apa yang Terjadi Sekarang?

24 November 2020   14:35 Diperbarui: 24 November 2020   15:15 31 3 0 Mohon Tunggu...

Joe Biden telah diproyeksikan untuk mencapai 270 suara electoral college yang dibutuhkan untuk mengalahkan Donald Trump dalam persaingan ke Gedung Putih. Apa yang terjadi sekarang?

Mantan wakil presiden tidak dapat langsung memindahkan furniturnya ke 1600 Pennsylvania Avenue - ada beberapa hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu.Biasanya prosesnya mulus, tetapi kali ini ada komplikasi tambahan karena kemungkinan adanya gugatan hukum terhadap pemilu.

Kapan Joe Biden menjadi presiden?

Pertama, suara harus disertifikasi di masing-masing negara bagian. Itu biasanya formalitas dan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.Dalam Konstitusi AS tertulis bahwa masa jabatan baru dimulai pada 20 Januari pada siang hari.Itu terjadi pada upacara yang disebut pelantikan yang berlangsung di ibu kota, Washington DC. Presiden dan wakil presiden yang baru diambil sumpahnya yang dipimpin oleh ketua Mahkamah Agung.Jadi nantikan untuk melihat Joe Biden dan Kamala Harris dilantik pada 20 Januari 2021.

Apa transisi presiden?

Ini adalah periode antara hasil pemilu dan dimulainya masa jabatan presiden baru pada 20 Januari.Presiden yang akan datang membentuk kelompok yang disebut tim transisi yang bersiap untuk mengambil alih kekuasaan segera setelah pelantikan - dan tim Biden telah membuat situs web transisi .Mereka akan memilih orang untuk bertugas di kabinet, membahas prioritas kebijakan dan bersiap untuk memerintah.Anggota tim akan pergi ke agen federal untuk mendapatkan pengarahan tentang hal-hal seperti tenggat waktu yang semakin dekat, anggaran dan staf karier mana yang melakukan apa.Mereka akan mengumpulkan semua intelijen itu untuk staf yang masuk dan masih bersedia membantu setelah dilantik. Beberapa dari mereka mungkin tetap melayani.

Pada tahun 2016, Presiden Barack Obama bertemu dengan penggantinya Donald Trump dan foto-foto Oval Office mereka menunjukkan betapa sedikitnya kehangatan - dan sisa - di antara mereka.

Apa yang telah dilakukan Biden sejauh ini?

Joe Biden telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menyusun tim transisi dan mengumpulkan uang untuk mendanai itu.

Tetapi Administrasi Layanan Umum, yang ditugaskan untuk secara resmi mengakui presiden terpilih, dan menyediakan dana dan akses ke agen federal yang dibutuhkan timnya, sejauh ini menahan untuk mengakui kemenangan Biden.

Administratornya, Emily Murphy, yang ditunjuk oleh Trump, mengatakan belum ada "kepastian" tentang pemenang pemilu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x