Mohon tunggu...
Dawam Muza Syahranie
Dawam Muza Syahranie Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM UMM 63/12 Mengajak Warga Kelurahan Sisir Berperan dalam Ketahanan Pangan Nasional

17 Januari 2021   17:22 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:24 28 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMM UMM 63/12 Mengajak Warga Kelurahan Sisir Berperan dalam Ketahanan Pangan Nasional
Sistem Budidaya Tanaman Secara Hidroponik (DFT)/dokpri

Kelurahan Sisir merupakan pusat perkotaan kota Batu, biasanya daerah perkotaan dikenal dengan masalah keterbatasan ruang. Jumlah penduduk yang tinggi tidak pernah lepas dari kebutuhan perumahan di kota. Tingkat kepadatan rumah dalam suatu permukiman diikuti dengan keterbatasan ruang sekitar rumah yang dimanfaatkan dan diberdayakan untuk pekarangan. 

Pada kesempatan kali ini PMM UMM63/12 mengajak warga kelurahan Sisir berperan dan memberikan edukasi ketahanan pangan nasional. Karena seiring berjalannya waktu lahan-lahan produktif untuk pertanian semakin berkurang karena kebutuan infrastruktur dan perkembangan zaman yang mulai maju. 

Kami mengajak sebagian warga kelurahan Sisir setidaknya di lingkungan sekitar rumahnya mempunyai beberapa tanaman yang bermanfaat untuk keberlangsungan hidup, baik sebagai kebutuhan pangan mapun sebagai penghijauan. Ditengah persebaran covid-19 kami mengajak warga kelurahan Sisir untuk budidaya tanaman toga seperti jahe merah, karena jahe merah dipercaya bisa digunakan sebagai sistem kekebalan tubuh untuk melawan covid-19.

Dunia Pertanian saat ini sedang booming, salah satunya yaitu sistem budidaya tanaman secara hidroponik. Hidroponik adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, hidroponik merupakan aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai media untuk menggantikan tanah. 

Sehingga sistem bercocok tanam secara hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang sempit. Pertanian dengan menggunakan sistem hidroponik memang tidak memerlukan lahan yang luas dalam pelaksanaannya. Sistem ini sangat cocok digunakan di kawasan perkotaan seperti Kelurahan Sisir. Sistem bidaya tanaman secara konvensional dalam polybag juga bisa berperan.

VIDEO PILIHAN