Mohon tunggu...
David Kukuh
David Kukuh Mohon Tunggu... melalui kompasiana saya ingin berbagi ide gagagasan dan wawasan

saya pernah kuliah di manajemen informatika dan sekolah tinggi manajemen informatika widya dharma pontianak

Selanjutnya

Tutup

Karir

Loyalitas Vs Produktivitas

14 Agustus 2019   09:37 Diperbarui: 15 Agustus 2019   11:45 0 1 1 Mohon Tunggu...

Dalam penapsiran umum, loyalitas sering dikaitkan dengan waktu atau masa. Pada sebuah perusahaan loyalitas dikategorikan dengan masa kerja, seberapa lama orang bekerja itulah yang disebut loyal. Semakin lama orang bekerja semakin loyal lah dia dianggap.

arti loyalitas secara umum adalah kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau sesuatu (lembaga/organisasi) yang ditunjukan melalui sikap dan tindakan orang yang bersangkutan. Termasuk memberikan dukungan yang konsisten dan komitmen kepada seseorang atau sesuatu.

masih banyak pengertian lain lagi yang terkait dengan waktu ataupun frekuensi.

Saya menyadurkan persepsi yang berbeda pertanyaan sederhana, mana lebih baik setia dalam waktu lama dengan sedikit manfaat atau setia dalam waktu singkat namun manfaatnya banyak?

ada kutipan soal usia manusia, kebaikan yang dilakukan tidak dapat diukur dengan usia hidup seseorang. Ada orang yang umurnya pendek (misal 30 tahun) namun kebaikannya lebih banyak/panjang dari orang yang berumur panjang (90tahun)

Seorang konsumen akan dianggap loyal jika tidak berpindah pada majikan lain. 

Seorang karyawan biasanya dikatakan loyal ketika usia bekerjanya sangat lama.

Bagi sebuah perusahaan mana yang lebih menguntungkan, pekerja loyal atau pekerja produktif yang bermanfaat. 

Contohnya si A adalah karyawan yang sudah bekerja selama 12 tahun, selama bekerja si A sudah memberikan perusahaan keuntungan sebesar Rp 1 Miliar. T adalah karyawan baru yang baru bekerja 5 tahun dan telah memberikan keuntungan sebesar Rp 3 triliun karena usaha dan kerjakerasnya untuk memikirkan perusahaan. 

Nah jika contoh demikian mana yang lebih loyal, mana yang lebih produktif?