Mohon tunggu...
David kristanto
David kristanto Mohon Tunggu... Mahasiswa

Lahir di Banyuwangi | Geografi

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bekerja Sama dengan Alam untuk Membentuk Karakter dan Pengetahuan Anak

11 Agustus 2019   08:51 Diperbarui: 11 Agustus 2019   17:26 30 0 0 Mohon Tunggu...

Perlu Kita ketahui bahwa lingkungan adalah guru privat terbaik bagi anak. Mereka bebas untuk belajar hal-hal baru seperti pengetahuan maupun ketrampilan berkat pengalaman berada di lingkungan yang berbeda-beda. Sehingga semakin banyak orang tua mengajak anak melakukan perjalanan maka semakin banyak pengetahuan yang anak tersebut dapatkan.

Not all classroom have four wall

Dari kata kata diatas maka dapat dilihat bahwa anak yang memiliki keinginan untuk melakukan explorasi akan memiliki pengetahuan yang lebih beragam dari pada anak yang hanya beraktivitas didalam rumah. Oleh karena itu orang tua harus Menanamkan rasa explorasi sejak dini.

Seperti halnya melakukan perjalanan keluar Kota bersama keluarga. Perjalanan keluar Kota akan membentuk kemampuan anak dalam berfikir spasial atau secara sederhananya mereka mampu menghafalkan jalan dari rumah hingga ke lokasi tujuan. Kemampuan ini akan bermanfaat kelak ketika mereka sudah dewasa dan melakukan perjalanan.

Selain itu keluar kota akan memberikan pengetahuan pada anak bahwa terdapat perbedaan penataan wilayah, budaya, adat, sosial yang berbeda.

Mendaki gunung merupakan pilihan yang tepat mengenalkan anak dengan alam yang baik. Tidak perlu melakukan pendakian yang sulit. 

Maka beberapa gunung seperti gunung ijen, andong, kelud jalur kediri, tangkupan Perahu, Dan Bromo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak. 

Anak Alan belajar secara langsung bahwa semakin mereka berada di dataran yang lebih tinggi tubuh mereka akan terada kedinginan dan telinga akan terasa tersumbat. 

Selain itu menambah edukasi tentang keindahan dunia saat di pandang dari titik tertingginya Kita dapat menjelaskan bahaya dari gunung api dari asap yang berasal dari kawahnya maupun asal muasal tempat meletusnya gunung api.

Bermain di pantai yang surut, merupakan cara mengenalkan anak dengan kekayaan laut dengan cara yang sangat mudah. Pastikan untuk mengingat bulan-bulan dan waktu kapan pantai akan surut. Bekali anak dengan sepatu, timba, dan jaring untuk mereka menangkap dan mengenal biota yang ada di laut saat surut. 

Selain itu berkunjung di sumber air atau sungai juga menjadi alternative lain. Saat ini banyak sekali wisata Alam yang memanfaatkan sungai Dan sumber air dan ajari anak berenang di tempat wisata tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x