Mohon tunggu...
David Damara
David Damara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang pria pencinta musik, sejarah, dan sepakbola

Mari menulis

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Terima Kasih Garuda U-23

9 Mei 2024   23:23 Diperbarui: 10 Mei 2024   00:39 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Beberapa jam yang lalu timnas baru saja kalah dengan skor tipis 1-0 dari Guinea di kesempatan terakhir bagi timnas jika ingin tampil di cabang olahraga sepakbola olimpiade 2024 Perancis. Memang belum rezekinya untuk timnas U-23 kita untuk tampil di ajang internasional bergengsi kedua setelah piala dunia.

Namun jika kita berkaca pada target yang diberikan PSSI tentunya hal ini sudah sangat luar biasa, PSSI hanya menargetkan timnas U-23 sampai perempat final. Namun, Shin Tae Yong dapat membuat timnas melaju ke semifinal dan berlaga di playoff antar benua Asia dan Afrika.

Hal ini sebuah perkembangan besar jika kita berkaca 10 tahun belakang dimana carut marut sepakbola Indonesia, dari Dualisme internal di kubu PSSI, dibabat habis 10-0 oleh Bahrain di tahun 2012, di ban FIFA di tahun 2015 karena intervensi pada saat itu. Lalu di tahun 2018 -2019 di mana Indonesia menjadi lumbung goal di kualifikasi piala dunia menghadapi Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Ketika Shin Tae Yong menjabat sebagai pelatih timnas hingga kini timnas yang berkutat dengan hasil hitam perlahan mulai bangkit dan menemukan asah kembali. Sebut saja kita dapat bermain di babak 16 besar piala asia, tempat ke 4 di piala asia u-23 dan menjadi perwakilan asia untuk berlaga di playoff olimpiade. Sesuatu yang mungkin sebelumnya tidak pernah terbayangkan untuk tim sekelas tim debutan di kejuaraan tersebut. Tentunya hal ini juga tidak dapat diraih oleh kerja sama yang baik oleh kubu PSSI, Staf kepelatihan, maupun pemain itu sendiri.

Nice try Garuda, mungkin belum rezeki kita untuk bermain di olimpiade 2024. Namun, sepakbola Indonesia sedang mengalami proses perbaikan yang luar biasa.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun