Mohon tunggu...
David Christian
David Christian Mohon Tunggu... Mahasiswa

Welcome :)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bukit kelam Sintang, Wisata Pemacu Adrenalin Pendaki

10 November 2019   23:10 Diperbarui: 10 November 2019   23:13 0 0 0 Mohon Tunggu...
Bukit kelam Sintang, Wisata Pemacu Adrenalin Pendaki
dokpri

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar didunia yang terdiri dari 17.508 pulau dan dihuni lebih dari 300 suku bangsa yang memiliki potensi sumber daya pariwisata yang beraneka ragam. Hal ini dapat dikembangkan menjadi sebuah destinasi pariwisata yang menarik dan sebagai tujuan wiata. Diantara banyak pulau tersebut ada sebuah pulau terbesar di indonesia yakni pulau kalimantan. Pulau Kalimantan dibagi menjadi 5 buah wilayah atau provinsi diantaranya sebagai berikut :

  1. Kalimantan Tengah, dengan ibu kota di Palangkaraya
  2. Kalimantan Timur, dengan ibu kota di Samarinda
  3. Kalimantan Selatan, dengan ibu kota di Banjarmasin
  4. Kalimantan Barat, dengan ibu kota di Pontianak
  5. Kalimantan Utara, dengan ibu kota di Tanjung Selor

Ke 5 provinsi yang ada dipulau Kalimantan tersebut memiliki keindahan alam yang sangat direkomendasikan untuk di kunjungi salah satunya Gunung kelam (Bukit kelam) yakni yang berada di sintang, kalimantan barat. Masyarakat di Kalimantan menyebut Gunung Kelam sebagai Bukit Kelam karena secara umum masyarakat setempat menyebut gunung sebagai "bukit raya". Bukit kelam ini terletak 20 km dari kota Sintang dan sekitar 395 km dari Pontianak ibu kota Kalimantan Barat. Untuk menuju Bukit Kelam dari Kota Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat, Anda dapat menggunakan bus umum dan travel menuju kota Sintang  dan  Jika menggunakan pesawat terbang dari Kota Pontianak menuju kota Sintang hanya sekitar 30 menit.  Jalan menuju kawasan wisata itu dapat dilintasi kendaraan umum. 

dokpribadi
dokpribadi
dokpribadi
dokpribadi
Di sepanjang perjalanan, traveler akan disuguhkan dengan pemandangan alam di kiri dan kanan seperti kebun sawit, pisang, dan karet. Banyak wisatawan yang datang mendaki hingga camping di bukit kelam ini. Pagi hari wisatawan akan disuguhi dengan indahnya bukit ini yang disertai awan-awan yang mengelilingi bukit ini.

Bukit kelam ini merupakan sebongkah batu raksasa yang monolit, sehingga sering diklaim sebagai batu terbesar di dunia. Sebagai sebongkah batu raksasa, Bukit Kelam menawarkan pemandangan alam yang eksotis. 

Tidak hanya terdapat air terjun yang airnya dimanfaatkan penduduk setempat untuk mengairi sawah, goa alam yang dihuni oleh ribuan kelelawar, di bukit kelam ini juga terdapat tumbuhan langka seperi Kantong Semar Raksasa yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menanak nasi dan jika  beruntung para penelusur dapat melihat Anggrek Hitam yang sedang mekar. Dan pada puncak bukit juga terdapat goa alam yang menjadi sarang ribuan burung walet.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mencapai puncak Bukit Kelam, yaitu melalui rangkaian tangga besi yang berada di sisi barat bukit atau bagi yang hobi panjat tebing silahkan mencoba menu tebing batu yang berdiri tegak hampir 90 derajat di sebelah selatan.