Dominikus Daud Wuring
Dominikus Daud Wuring lainnya

Seorang guru sekolah dasar yang mengabdi kepada penerus bangsa melalui pengajaran dan penulisannya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Melangkah Bebas dan Mengapai Mimpi bersama Yamaha Mio S

3 Desember 2017   05:16 Diperbarui: 5 Desember 2017   18:17 2393 1 1
Melangkah Bebas dan Mengapai Mimpi bersama Yamaha Mio S
Metic Yamaha Mio S (Sumber: dokumen pribadi)

Tidak dapat kita pungkiri lagi di era-globalisasi saat ini Indonesia mengalami kemajuan yang begitu pesat dan dinamis. Begitu juga dengan pertumbuhan penduduk usia produktif di Indonesia yang mengalami perkembangan ke arah yang memajukan bangsa Indonesia. Indonesia sendiri memiliki 163 juta usia produktif dengan presentasi 66,5% dari seluruh jumlah penduduk di Indonesia. 

Sedangkan di kota Jakarta, jumlah populasi pada siang hari berjumlah 12,5 juta jiwa, dan pada malam hari menjadi 9,9 juta jiwa. Hal ini membuktikan bahwa 2,6 juta jiwa adalah kaum urban berusia produktif dan kreatif yang selalu berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Kaum urban juga sangat berjasa dalam mengembangkan dan memajukan kota Jakarta.  

Oleh karena itu, hadirnya kaum urban di kota Jakarta membawa dampak yang positif demi pembangunan kota Jakarta. Bukan hanya kota Jakarta, di berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan di pelosok negeri Indonesia, banyak kaum urban yang aktif dan kreatif dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik dengan ikut serta dalam menciptakan karya-karya yang baru dan kreatif di berbagai sektor ataupun menciptakan lapangan pekerjaan.  Dengan begitu, kaum urban sudah turut membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran, mengentas kemisikinan, dan meningkatkan perekonomian Indonesia hingga mencapai pertumbuhan ekonomi hingga 5,7% di tahun 2017.

Namun tantangan kaum urban saat ini tidak bisa dipandang sederhana, karena beberapa daerah yang ada di Indonesia mengalami masalah padatnya penduduk. Hal ini tentu akan memberikan dampak negatif pada daerah tersebut, sehingga kepadatan penduduk dapat menimbulkan masalah sosial. Untuk itu, beberapa masyarakat harus berangkat kerja dari daerah asal ke daerah tempat mereka berkerja karena ruang kawasan daerah tempat mereka kerja sudah sempit. Selain tantangan kawasan ruang daerah yang sempit, jarak tiap daerah yang jauh memerlukan biaya transportasi yang mahal, serta kemacetan yang melanda kaum urban. Untuk itu, tidaklah heran akhirnya membuat kaum urban malas untuk bergerak (mager).

Melihat permasalahan yang dialami oleh masyarakat kaum urban di Indonesia. Maka saat ini di perlukan solusi yang pasti untuk mereka. Permasalahan tersebut dapat di selesaikan dengan memilih transportasi yang tepat bagi kaum urban. Transportasi yang tepat bagi mereka adalah transportasi yang efektif jika berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain, dan efisien dari segi biaya dan perawatan. Untuk itu, dalam menjawab permasalahan bagi masyarakat kaum urban, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan matic terbarunya, yaitu Yamaha Mio S. kenapa Yamaha Mio S bisa dikatakan jawaban dari permasalahan masyarakat urban?. Jawabannya dapat kita temukan pada ulasan berikut ini.

Nyaman saat berpergian jauh bersama Yamaha Mio S

Hidup di kota metropolitan tidak jauh dari yang namanya macet. Bukan hanya di kota metropolitan saja yang mengalami masalah macet. Di beberapa daerah di Indonesia sering terjadi kemacetan. Hal ini dikarenakan banyaknya kendaraan yang selalu melintasi jalan raya serta gaya pengendara dalam membawa kendaraannya. 

Oleh karena itu, untuk memanjakan pengendaran di jalan raya maka anda memerlukan metic ramping dan ringan. Mengapa anda memerlukan metic yang ramping dan ringan?. Hal ini dimaksudkan agar anda bisa melalui gang kecil maupun melakukan manuver di jalan macet tanpa harus kuatir body motor akan tergores oleh kendaraan lain atau benda yang ada disekitarnya. Untuk itu, Yamaha Mio S merupakan pilihan yang tepat untuk melakukan manuver di kemacetan atau melewati gang yang kecil. 

Sebab, Yamaha Mio S memiliki body dengan panjang 1870 mm, lebar 85 mm, tinggi 1060 mm, dan berat 94 kg. Jika di bandingkan dengan metic dikelasnya, Yamaha Mio S merupakan metic dengan body yang ramping dan ringan. Dengan demikian, anda bisa dengan tenang melakukan manuver pada saat berkendaraan. Ditambah lagi dengan ruang pijakan kaki yang lega yang dapat membuat anda semakin nyaman dan rileks saat mengendarai Yamaha Mio S. 

Demi menambah kenyamaan bagi pengendara, Yamaha Mio S juga menyematkan suspensi telescopic pada bagian depan, sedangkan suspensi tipe Unit Swing disematkan pada bagian belakang. Dengan begitu, saat anda melewati jalan yang bergelombang, Yamaha Mio S mampu merendam goncangan tersebut.

Berbicara tentang perawatan metic Yamaha Mio S, anda tidak perlu ragu mengenai mesin metic yang satu ini. Dapur pacu  bervolume 125 cc bermesin SOHC silinder dan tersematkan V-Belt Automatic ini akan memberikan performa 7.0kW/8000rpm dengan torsi maksimalnya 9.6Nm perputaran ke 5500 rpm. Hal ini akan memberikan tenaga yang sangat maksimal di kelas metic 125cc. Belum sampai disitu, Yamaha Mio S juga dibekali dengan tekhnologi full injection blue core yang dapat mengkonsumi bahan bakar lebih efektif dan efisein. Walaupun dalam perjalanan jauh sekalipun, konsumsi bahan bakar Yamaha Mio S Irit berkat teknologi dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Salah satu kebiasan kaum urban saat berpergian adalah membawa barang milik pribadi, dan membawa perlengkapan darurat motor seperti jas hujan, serep ban dalam, kunci pas atau perlengkapan lainnya. Untuk itu, Yamaha Mio S telah menyiapkan bagasi yang luas agar anda dapat membawa barang bawaan yang lebih banyak. Jadi, anda tidak perlu kuatir lagi untuk membawa barang bawaan. Cukup masukan ke bagasi yang mampu menampung barang bawaan hingga 10,1 Liter.

Yamaha Mio S memiliki bagasi yang luas dan lega (sumber: dokumen pribadi)
Yamaha Mio S memiliki bagasi yang luas dan lega (sumber: dokumen pribadi)
Keamanan saat berpergian dengan Yamaha Mio S

Sebagai kaum urban, berpergian merupakan suatu keharusaan yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Kadang kala kendaraan yang anda gunakan selalu mengalami masalah, baik itu mogok, mengalami kecelakaan lalu lintas dan permasalahan lainnya. Jika masalah tersebut terjadi saat anda berada di jalan raya, tentu anda memberikan berbagai macam isyarat berupa senter, gerakan tangan atau alat bantu berupa lampu stik. Namun, membawa peralatan tersebut sangatlah ribet. Namun, keribetan tersebut tidak perlu dipikirkan lagi jika anda mengendarai Yamaha Mio S. Sebab, Yamaha Mio S memiliki fitur lampu hazard yang dapat kita fungsikan saat mengalami masalah di jalan raya tanpa perlu membawa peralatan atau melakukan gerakan yang justru membuat bingung pengendara yang melihatnya. Dengan begitu, saat anda mengendarai Yamaha Mio S, cukup dengan menghidupkan lampu hazard, maka anda akan aman dari pengendaran lain yang berada di sekitar anda, sehingga pengendara lain akan melambatkan kendaraannya atau akan membantu anda keluar dari masalah anda. Tetapi, bagaimana jika masalah lalu lintas terjadi pada jalan menanjak atau turunan?. Apakah kita selalu menahan atau mengimbangi kendaraan terus menerus agar tidak terjatuh?. Tentu saja metic Yamaha Mio S tidak seribet dengan pertanyaan tersebut. Fitur Smart Lock System pada Yamaha Mio S telah menjawab permasalahan tersebut. Dengan mengunakan fitur tersebut, anda dapat memarkirkan kendaraan tersebut walau harus berada di jalan tanjakan atau turunan sekalipun tanpa harus kuatir metic akan terjatuh.

Smart Lock System Yamaha Mio S (sumber: www.yamaha-motor.co.id/product/mio-s)
Smart Lock System Yamaha Mio S (sumber: www.yamaha-motor.co.id/product/mio-s)
Fitur lampu hazard (sumber: www.yamaha-motor.co.id/product/mio-s)
Fitur lampu hazard (sumber: www.yamaha-motor.co.id/product/mio-s)
Masyarakat urban tidak jauh dari namanya transportasi. Hal ini untuk mempermudah ruang gerak dari mereka beraktifitas. Namun, yang namanya berpergian dari suatu tempat ke tempat yang lain memiliki tantangan tersendiri. Hal ini dibuktikan dengan kasus angka kecelakan pada tahun 2017 yang berjumlah 105.374 kasus. Untuk itu selain stamina pengendara yang penting, fitur keamanan kendaraan yang kita gunakan harus terpenuhi. 

Yamaha Mio S telah memenuhi kriteria keamanan saat berkendaraan. Karena Yamaha Mio S menyematkan ban tubeless yang berukuran 100/70-14M/C dan ban depan berukuran 80/80 14 14 M/C  yang mampu stabil saat anda berkendaraan, dengan begitu kenyamaan saat menggunakan Yamaha Mio S akan mengurangi resiko berkendaraan saat berpergian. Makanya, tidak heran jika Brand Ambassador Mio S  Isyana Sarasvati mengajak kaum urban untuk berani keluar dari zona mager, dan Yamaha Mio S siap menemani kita untuk bebas melangkah kemanapun kamu suka. Pemilihan Isyana Sarasvati sebagai Brand Ambassador dari Yamaha Mio S merupakan langkah yang tepat. Sebab, Isyana Sarasvati memiliki mobilitas tinggi untuk meraih tujuan. Hal ini terbukti dengan berbagai macam prestasi yang didapatkannya, diantaranya adalah  Finalis Nasional Yamaha Piano Kompetisi, Terpilih menjadi salah satu dari 15 Composer Electone Dunia yang tampil di Yamaha Electone Concours [YEC] di Tokyo, Jepang (2012), Semifinalist Yamaha Electone Concours, Japan (2012), Juara 1, 6th Tan Ngiang Kaw/Tan Ngiang Ann Memorial Vocal Competition, Singapore (2012), dan segudang prestasi lainnya. 


Yamaha Mio S mengambarkan karakter anda

Setelah melihat sektor dapur pacu dan fitur metic Yamaha Mio S. Selanjutnya, kita melihat dari sisi visual dari Yamaha Mio S.

Visual metic Yamaha Mio S (sumber: https://sportku.com)
Visual metic Yamaha Mio S (sumber: https://sportku.com)
Apa yang ada di dalam benak anda setelah melihat tampilan dari Yamaha Mio S?. Stylish, simple, dan beraura modern. Yap, semua jawaban itu adalah kata-kata yang tepat dalam mengambarkan metic Yamaha Mio S. Metic keluaran Yamaha ini secara visual mengusung konsep It's My Style. Dimana, konsep yang diusung metic ini menawarkan konsep beraura modern yang dapat terlihat  pada beberapa sektor Yamaha Mio S, mulai dari headlamp yang stylish dan berteknologi LED agar memaksimalkan cahaya lampu walaupun saat anda berpergian pada malam hari. Selain itu, pada sektor instrument indikator speedometer, Yamaha Mio S memberikan informasi yang sangat lengkap kepada anda seperti kecepatan km/jam, indikator bahan bakar, panel indikator oli, ECO, indikator sein dan indikator lampu jarak jauh. Dengan demikian, pengendara Yamaha Mio S akan lebih mengetahui secara akurat saat berada dalam perjalanan. Pada bagian tampilan, Yamaha Mio S mengambarkan sisi keren dari jiwa seorang pengendara.

Jadi, Yamaha Mio S adalah metic terbaru dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)  yang memiliki style yang berbeda dari metic di kelasnya. Style tersebut tampak terlihat pada sisi body yang elegan nan anggun, fitur modern dan cangih,  serta beraura modern pada sektor mesin dengan tersematnya teknologi Full Injection bluecore. Selain memperhatikan tampilan yang futuristik, Yamaha Mio S juga memberikan kenyamanan, keamanan dan ketenangan saat anda berkendaraan agar bisa melangkah bebas untuk mencapai impian. Jadi, bersama dengan Yamaha Mio S. Ayo kita capai impian seperti Isyana Sarasvati dan tunjukan kepada dunia bahwa Yamaha Mio S it's my style.