Mohon tunggu...
Hendrikus Dasrimin
Hendrikus Dasrimin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Scribo ergo sum (aku menulis maka aku ada)

Kunjungi blog saya, tema PENDIDIKAN: https://dasrimin-punya-coretan-lepas.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

6 Cara Pelajar Mengisi dan Memaknai Kemerdekaan

11 Agustus 2022   18:18 Diperbarui: 16 Agustus 2022   18:22 2196 42 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi (Sumber: Kompas.com)

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Dengan demikian, pada tahun 2022 ini, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-77. Kemerdekaan yang diperoleh, bukannya diterima begitu saja, melainkan melalui proses perjuangan dengan menelusuri perjalanan yang panjang, hingga akhirnya mampu mengusir penjajahan dari tanah air kita tercinta.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan, setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu merayakannya dengan upacara pengibaran bendera merah putih. Bahkan sepanjang bulan Agustus dijadikan sebagai bulan kemerdekaan, yang diisi dengan berbagai acara baik dalam skala lokal maupun nasional.

Perayaan HUT RI bukan sebuah euforia belaka yang tidak bermakna. Perayaan ini hendaknya menjadi momentum bagi bangsa ini untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk merebut bangsa ini dari penjajah. Lebih dari itu, kenangan atas jasa besar para pejuang ini hendaknnya menggungah seluruh rakyat Indonesia untuk dengan caranya masing-masing dapat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

Lalu, bagaimana cara seorang pelajar masa kini mengisi dan memaknai kemerdekaan? Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar untuk memaknai dan mengisi kemerdekaan.

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia.

Bangsa Indonesia dengan tegas mengakui bahwa kemerdekaan yang diperoleh merupakan berkat dari Allah yang Maha Kuasa. Sebagai bagian dari warga negara Indonesia yang mengakui adanya Tuhan, para pelajar hendaknya mengisi kemerdekaan ini dengan mewujudkan iman dan ketakwaannya dalam hidup sehari-hari. Ungkapan iman tersebut tidak hanya ditunjukkan dengan rajin beribadah, melainkan juga memiliki aklak yang baik terhadap diri sendiri, sesama, lingkungan dan dalam hidup berbangsa dan bernegara, sebagai perwujudan nyata dari pengakuan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Kebinekaan global

Kemerdekaan Indonesia bukan hanya merupakan hasil perjuangan dari suku, budaya, atau golongan tertentu, melainkan hasil perjuangan bersama seluruh bangsa Indonesia. Roh yang menggerakannya adalah adanya semangat persatuan dan kesatuan, yang walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. 

Baca juga: Bendera yang Robek

Para pelajar zaman ini diharapkan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan tetap menjaga kebinekaan global. Artinya, ia tetap mencintai budaya lokal, sambil tetap terbuka dan berinteraksi dengan budaya lain. Tetap menumbukan rasa saling menghormati, memiliki sikap toleransi di tengah keanekaragamaan.

3. Bergotong royong

Semangat gotong royong dan tepo seliro adalah budaya Indonesia yang juga telah ditunjukkan oleh para pejuang kemerdekaan. Semangat ini hendaknya terus dijaga oleh para pelajar di zaman yang penuh dengan persaingan dan semangar individual ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dapat mewujudkan semangat gotong royong melalui kerjasama, sikap peduli terhadap sesama dan saling berbagi.

4. Mandiri

Semangat juang para pendahulu yang gigih memperjuangkan kemerdekaan, hendaknya diwariskan juga oleh para pelajar sebagai generasi harapan bangsa. 

Semangat kemandirian seorang pelajar dapat dilakukan dengan cara bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Selain itu, sebagai warga yang baik, seorang pelajar dapat mewujudkan semanat kecintantaannya dengan menggunakan atau mencintai produk-produk dalam negeri.

5. Bernalar kritis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan