Darwis Jamal Takdir
Darwis Jamal Takdir profesional

Menulis adalah bagian dari jiwa dalam kehidupan saya untuk selalu menyuarakan kebenaran Tuhan. Karena itu, suara hati menjadi cermin dalam melihat kebenaran sesungguhnya. Ketua Lembaga Dakwah Ukhuwatul Islamiyah Pusat Gowa, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Seko Berhasil Beri Pelayanan E-KTP Percontohan Kecamatan Terpencil

28 Agustus 2017   15:44 Diperbarui: 28 Agustus 2017   15:58 533 0 0

Beberapa  tahun terakhir ini, masyarakat Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan sempat resah karena gagal mendapatkan E-KTP (Elektronik-Kartu Tanda Penduduk( yang  pelayanannya berlaku secara nasional dan gratis sejak  2010 lalu. Namun, kini keresahan masyarakat Seko mulai  terobati setelah Pemkab Luwu Utara dibawah  nahkoda  Bupati  Indah Putri Indriani melalui Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Luwu Utara menjadikan Seko  pelayanan E-KTP Percontohan untuk kategori kecamatan terpencil dan terjauh di daerah penghasil kakao terbesar di Sulsel. 

Sulitnya  masyarakat Kecamatan Seko mendapatkan  E-KTP saat  itu,  selain  kondisi medan dari Masamba (ibu kota Luwu Utara) ke ibu kota Kecamatan Seko terbilang buruk, juga  akses jaringan  internet ke Seko belum ada.  Meski begitu,  berkat  kerja keras dan kerja sama dari Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan  serta Camat Seko, akhirnya Seko dipilih  oleh Dinas  Catatan Sipil dan Kependudukan Luwu Utara menjadi  pelayanan E-KTP percontohan untuk mempercepat layanan KTP bagi masyarakat yang  terpencil. 

Di samping itu,  desakan dan dukungan  dari anggota DPRD Luwu Utara serta  instruksi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, sehingga layanan E-KTP di kecamatan yang kaya potensi   sumber daya  alam seperti Emas dan Nikel.  Di Kecamatan Seko terdapat 12 desa, dimana  warganya   tampak antusias berdatangan ke Kantor Camat Seko  untuk melakukan perekaman E-KTP. Dari 10.999 jiwa penduduk Seko, hanya  30 persen  yang  berhasil memeiliki E-KTP, itu terhitung antara  2013 hingga 2016. Namun,  antara 2016 sampai sekarang, warga Seko yang  memiliki E-KTP sudah mencapai 70 persen. 

Menurut,  Kepala Dinas  Catatan  Sipil dan Kependudukan Luwu Utara, Tandi Bulan, SH, berhasil  pihyaknya  memberi pelayanan E-KTP di Seko, tak lepas perjugan dirinya dengan  melakukan permohonan  jaringan  internet kepada pihak PT Telekomsel untuk  kebutuhan  perekaman data secara  on line telah berhasil  dilakukan pemerintah pusat bekerja sama  dengan PT Telkom Indoensia.

Pada akhir  tahun 2016 beralih  pucuk kepemimpinan Kecamatan Seko, kemudian dilanjutkan Ari Setiawan, S. STP sebagai camat, progres  tersebut terus  berlanjut pengadaan E-KTP hingga sekarang  aktif  dilakukan perekaman yang  dipimpin langsung  oleh Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Luwu Utara, Mas'ud Masse, SE, di Kantor Camat Seko. Perekeman E-KTP  dilakukan selama empat hari  selama satu minggu hari kerja  Bukan hanya Seko menjadi  fokus pelayanan  E-KTP, juga   Kecamatan Rampi dan Kecamatan Rongkong, keduanya  masih berada di wilayah Luwu Utara.   ***