Mohon tunggu...
Darwensy
Darwensy Mohon Tunggu... Mahasiswa & karyawan swasta

Hidup perlu Passion untuk menjadi Action

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Belajar Strategi Marketing dari Boyband Fenomenal BTS

7 Juli 2020   06:41 Diperbarui: 7 Juli 2020   15:41 772 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Strategi Marketing dari Boyband Fenomenal BTS
Grammyaward 2019. | serbakorea.com

Fenomena KPop di dunia memang sudah sangat mendunia, terutama di Indonesia. Jika membicarakan tentang KPop hampir semua anak muda sangat antusias terhadap genre music asal negeri gingseng Korea Selatan tersebut.

Namun ada hal yang baru dan sangat menarik yaitu bagaimana KPop dapat menguasai hampir seluruh peminat music di dunia. Tentunya hal ini tidak lepas dari peran strategi marketing yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan yang menanggui artis tersebut.

Sebenarnya fenomena KPop sendiri sudah mewarnai dunia music di Amerika sejak tahun 90an melalui music dari Seo Taiji and Boys dengan lagu "I KNOW" namun music Seo Taiji and Boys sarat akan unsur hip-hop dan R&B yang jauh dari genre music KPop. Kemudian sempat redup dan bangkit lagi sejak lagu "Gangnam Style" dari PSY yang sangat ikonik.

Seperti yang kita tau untuk menembus pasar Amerika bukan hal yang mudah namun dengan hadirnya BTS yang debut tahun 2013 mulai memberi warna baru bagi dunia KPop. Penduduk setempat mulai tertarik dengan boyband asal korea tersebut karena dianggap berbeda dari lainnya.

Boyband yang baru saja menyambet gelar sebagai penyanyi dengan bayaran termahal di dunia nomor 14 versi forbes ini, memiliki history yang sangat menyedihkan.

Namun Bighit Entertainment selaku agensi BTS dinilai mampu membuat strategi yang cukup bagus sehingga membuat BTS sukses di pasar music dunia.

Belajar dari strategi yang diterapkan oleh Bighit Entertainment untuk mendulang sukses seperti BTS, di antaranya sebagai berikut:

1. Debut tahun 2013.

Pada tahun tersebut pengguna media sosial mungkin belum sebooming sekarang, namun BTS sangat konsisten dalam promosi lewat media sosial khususnya twitter dan Youtube.

Dan hal ini yang membuat ikatan yang kuat antara pengemar dan artis. Hal ini sangat bagus diterapkan dalam strategi marketing untuk membandung personal branding dan mendapatkan market yang diharapkan.

2. Meski dari agensi kecil yang hampir bangkrut namun Bighit Entertainment tidak kehilangan akal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN