Mohon tunggu...
Mas Daro
Mas Daro Mohon Tunggu... Forester

Berbagi Informasi Seputar Lingkungan, Hutan, Dinamika Sosial dan Opo Wae...

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Tetap Produktif di Saat Ramadhan

15 April 2021   20:08 Diperbarui: 15 April 2021   20:11 215 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tetap Produktif di Saat Ramadhan
Ilustrasi Membuat Pesemaian (Doc. Penulis)

 

Memasuki bulan Ramadhan Umat Islam menyambut dengan suka cita, Marhaban ya Ramadhan...begitu salam yang diucapkan sebagai rasa syukur kita telah diberikan oleh Allah SWT nikmat umur sehingga dapat kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan yang suci, bulan penuh ampunan. Pada bulan ini dijanjikan akan dilipatgandakan segala amal baik kita.

Namun begitu telah berpuasa akan muncul berbagai pikiran, apa yang bisa dilakukan ya sebagai kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan ini.  Apakah hanya akan berdiam diri saja dari Terbit fajar sampai bedug magrib berbunyi tanda waktu berbuka puasa tiba.

Sebagian orang mungkin telah mempunyai kegiatan yang rutin dilakukan seperti pekerja kantoran atau perusahaan, pedagang, petani, pelajar, namun tidak jarang emang bagi kita yang belum mempunyai kegiatan. Sehingga perlu mencari hal- hal positif apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selama Ramadhan agar tidak jenuh dan kalo mungkin bisa mendatangkan manfaat.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan sambil berpuasa di bulan Ramadhan yang produktif yaitu:

1.  Melakukan ibadah yang selama ini sulit dilakukan pada bulan selain Ramadhan karena kesibukan masing-masing seperti bekerja, sekolah, atau karena kesibukan lain, di antaranya tadarus Al-Qur'an, mengkaji kitab atau buku tentang Islam, shalat sunah dan lain-lain.

2. Menyalurkan hobi atau kegemaran.  Banyak orang yang juga sulit untuk menyalurkan hobi di waktu selain Ramadhan. Hobi ini bisa saja yang bernilai produktif seperti hobi menanam tanaman bunga atau buah, membuat suatu kerajinan tangan atau handycraft, dan juga menulis.  Memasak suatu jenis makanan yang yang tidak biasa dibuat juga dapat menjadi alternatif.  Akhir akhir ini tanaman hias menjadi tren kembali dan banyak orang berburu jenis-jenis tertentu seperti aglonema, anggrek dan beberapa jenis lain. Menanamnya di sekitar rumah kita akan menjadi pemandangan yang indah sehingga nyaman untuk kita.

3  Menata dan merapikan rumah juga adalah suatu kegiatan yang positif yang dapat dilakukan ketika Ramadhan, tentu saja yang tidak terlalu menguras tenaga atau energi. Rumah adalah istana kita, namun tidak jarang kita tidak mempunyai cukup waktu untuk menatanya.  Atau juga kita merasa bosan dengan ruangan yang ada di rumah kita dan pengin sedikit melakukan penyegaran, bisa merubah posisi tempat tidur, almari, meja atau hiasan- hiasan dinding.   Menambah ornamen tertentu juga bisa dilakukan.  Tanaman hias yang ada di sekitar pekarangan rumah juga perlu mendapat perhatian.  Tanaman yang terlalu rimbun mungkin dapat dikurangi biar rapi. Letak pot bunga yang kadang kurang teratur dapat disusun hingga rapi.

4. Kegiatan lain yang juga baik dilakukan adalah membangun kepedulian terhadap sesama bersama komunitas atau sendiri.  Ketika bulan Ramadhan yang masih banyak memiliki waktu luang apa salahnya dan justru dianjurkan oleh ajaran agama Islam adalah dengan berbagi terhadap sesama yang bisa berupa makanan, minuman, barang bekas, sembako atau apa saja yang dibutuhkan oleh orang lain seperti pakaian pantas pakai.

5. Mengembangkan komunikasi dengan banyak pihak yang selama ini tidak bisa dilakukan, mesti sekedar silaturahmi atau malah komunikasi tentang suatu usaha bersama yang positif.  Komunikasi ini dapat dilakukan secara langsung atau dengan cara virtual atau lewat dunia Maya. Hal ini juga penting sebagai salah satu upaya positif untuk mengisi waktu selama Ramadhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x