Mohon tunggu...
darma di
darma di Mohon Tunggu... Editor - karyawan

membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Memahami Pola Komunikasi Bisnis

29 November 2022   21:57 Diperbarui: 29 November 2022   22:19 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seiring dengan perkembangan ekonomi, kini persaingan bisnis mengalami persaingan yang sangat pesat. Dengan persaingan yang tinggi, oleh karena itu pedagang kecil sebagai pelaku ekonomi menggunakan berbagai cara dalam rangka menjalankan bisnisnya.

Agar dapat menjalankan kegiatan bisnisnya, para pedagang kecil dituntut dapat mengikuti perkembangan zaman. Agar dapat mengikuti perkembangan zaman, para pedagang kecil kini mulai menerapkan komunikasi bisnis yang modern.

Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan atau informasi yang dilakukan oleh dua belah pihak, baik menggunakan media maupun secara langsung. Komunikasi bisnis ini merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan dalam ruang lingkup bisnis. 

Salah satu cara komunikasi yang biasanya dilakukan oleh pedagang kecil untuk dapat menerapkan komunikasi bisnis adalah dengan melakukan komunikasi secara lisan dan tatap muka melalui kegiatan negosiasi. Negosiasi ini merupakan bentuk komunikasi yang diterapkan secara tradisional dan sudah di terapkan sejak lama.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini para pedagang kecil mulai menerapkan komunikasi bisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Penggunaan kemajuan teknologi ini juga merupakan suatu bentuk strategi yang digunakan para pedagang kecil agar dapat memudahkan penyampaian informasi bisnis. Dengan memanfaatkan teknologi masa kini, para pedagang kecil mulai melakukan komunikasi bisnis modern melalui sebuah aplikasi sosial media.

Hadirnya sosial media merupakan sarana komunikasi para pedagang kecil yang dapat mengoptimalkan interaksi antara pedagang dengan konsumen. Para pedagang kecil mulai menggunakan aplikasi facebook, instagram, dan whatsapp sebagai media penyampaian informasi bisnis. 

Dengan adanya fitur ini, maka konsumen tidak harus keluar rumah untuk membeli produk tertentu. Seperti contohnya adalah ketika kita ingin membeli minuman, maka kita dapat dapat mengirim pesan melalui pesan whatsapp kepada pedagang tersebut, kemudian pedagang tersebut nantinya akan mengirim pesan kita kerumah, tanpa kita harus keluar rumah.

Dengan demikian, pada dasarnya kini cara pedagang kecil dalam melakukan komunikasi bisnis telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut biasanya tentu merupakan perubahan yang diikuti dengan perubahan zaman. Perubahan tersebut dapat dilihat dari cara komunikasi yang tadinya menggunakan komunikasi secara bertatap muka kini telah beralih menjadi komunikasi melalui bantuan media elektronik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun