Mohon tunggu...
Boby Hermawan Arifin
Boby Hermawan Arifin Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa Magister - Universitas Paramadina

Mahasiswa Magister - Universitas Paramadina

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mengenal Lebih Jauh CRM, Fungsi, dan Komponen di Dalamnya

14 Agustus 2020   16:59 Diperbarui: 14 Agustus 2020   17:14 135 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Lebih Jauh CRM, Fungsi, dan Komponen di Dalamnya
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pengertian CRM

CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management dan merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi cukup kompleks untuk penjualan yang terintegrasi.

CRM adalah sistem yang memungkinkan perusahaan melakukan manajemen hubungan pelanggan, baik proses akuisisi customer baru, maupun mengelola hubungan pelanggan lama.

Selain itu sistem CRM juga memungkinkan Anda untuk profiling data customer, merekam semua aktivitas tenaga pemasar atau sales. CRM juga memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi antar team internal maupun eksternal dan mengintegrasikan dengan resource yang telah dimiliki, seperti telepon, email, hingga social media.

Kemajuan teknologi dan informasi membuat perubahan cukup besar di bidang penjualan. Hal ini lah yang membuat sistem manajemen di dalam sebuah perusahaan ikut berubah dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola hubungan pelanggan. Artikel pertama kita kali ini akan membahas mengenai pengertian CRM, fungsi serta komponen didalamnya. Berikut ulasan selengkapnya.

Fungsi CRM

Sebagaimana telah disampaikan di atas, fungsi customer relationship management adalah untuk membantu pihak perusahaan melakukan hubungan pelanggan yang lebih baik secara cross channel.

Hal ini membuat perusahaan yang semula masih bersifat konvensional dan product centric berubah menjadi perusahaan yang lebih modern, data driven dan customer centric dengan dukungan sistem CRM.  

Perangkat lunak CRM memungkinkan perusahaan untuk melakukan hubungan pelanggan yang terintegrasi lintas platform baik mobile maupun desktop.

Selain itu dengan adanya sistem integrasi hal ini memungkinkan customer relationship management dihubungkan dengan customer care sehingga perusaahaan melayani pelanggan dengan lebih baik dan dengan manajemen kontak yang terstruktur.

Komponen CRM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN