Mohon tunggu...
Dara Cessia Sukma Dewi
Dara Cessia Sukma Dewi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Psikologi UM

Perilaku kita manifestasi diri kita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kegiatan Edukasi Musik Klasik Gesek Diberikan Mahasiswa KKN UM kepada Pemuda-pemudi di Jombang, Jawa Timur

21 Mei 2021   15:03 Diperbarui: 21 Mei 2021   15:12 101 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Edukasi Musik Klasik Gesek Diberikan Mahasiswa KKN UM kepada Pemuda-pemudi di Jombang, Jawa Timur
Foto bersama setelah Praktik Bermain Alat Musik Klasik Gesek-Dokpri

JOMBANG, 02 Mei 2021---Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Negeri Malang Tahun 2021 Dilaksanakan dengan mematuhi himbauan pemerintah, yakni berdasarkan protokol kesehatan COVID-19, Oleh karena itu pada periode ini, Universitas Negeri Malang Menyelenggarakan KKN dengan sistem Sinambung. KKN Sinambung merupakan kegiatan kuliah pengabdian kepada masyarakat yang penyelenggaraannya dilakukan berkesinambungan setiap akhir pekan Jumat, Sabtu, Minggu selama 15 minggu. 

Untuk mahasiswa yang tidak berdomisili di Malang melaksanakan Program kerja individu di daerah masing-masing, Salah satunya yaitu Mochamad Agus Rahmatullah mahasiswa prodi Pendidikan Seni tari dan Musik yang merupakan salah satu peserta KKN Universitas Negeri Malang tahun 2021 merancang program individu Edukasi Musik Klasik khususnya alat musik gesek di Jombang Jawa Timur.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan 5 kali pertemuan selama tiga bulan dengan mentaati protokol kesehatan dan membatasi peserta edukasi agar tidak berkerumun. Pelaksanan dimulai pada tanggal 7 Maret 2021 hingga 02 Mei 2021, dua kali pertemuan setiap satu bulna. Kegiatan diikuti oleh masyarakat jombang yang sudah bisa maupun tidak bisa memainkan alat musik gesek seperti Violin, Viola, Cello, pelatihan dilakukan di Kedai Rumah Merdeka Jombang.

Kegiatan pelatihan Biola bersama pemuda-pemudi di Jombang-dokpri
Kegiatan pelatihan Biola bersama pemuda-pemudi di Jombang-dokpri
Kegiatan pelatihan-dokpri
Kegiatan pelatihan-dokpri
Agus (mahasiswa KKN UM), memperkenalkan musik klasik dengan cara memberi edukasi tentang Perkembangan musik klasik beserta manfaat musik klasik pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, Agus Rahmatullah juga menjelaskan tentang teknik dasar bermain musik klasik dengan alat musik gesek seperti Violin, Viola, Cello. 

Menurut Agus  pengetahuan tentang teknik, manfaat, perkembangan musik klasik kurang dipahami oleh masyarakat awam yang sudah bisa memainkan alat musik gesek maupun belum menguasai dengan adanya edukasi Musik Klasik khususnya alat musik gesek di Jombang Jawa Timur berharap masyarakat Jombang dapat mengenal tentang musik klasik seperti perkembangan, ciri-ciri dan  teknik dasar bermain musik klasik, dan manfaat yang banyak seperti meningkatkan kekreatifan, kesehatan dan juga kesehatan psikologis.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN