Mohon tunggu...
Dara Cessia Sukma Dewi
Dara Cessia Sukma Dewi Mohon Tunggu... Mahasiswa Psikologi UM

Perilaku kita manifestasi diri kita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Sosialisasi Pencegahan COVID-19 oleh Mahasiswa KKN UM kepada Siswa SD di Sukabumi

11 Mei 2021   15:16 Diperbarui: 11 Mei 2021   15:33 89 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosialisasi Pencegahan COVID-19 oleh Mahasiswa KKN UM kepada Siswa SD di Sukabumi
Foto bersama Guru dan Siswa MI Cibeureum Legok / dokpri

SUKABUMI-- Terhitung sejak hari senin (26/04/21) hingga jumat (30/04/21) mahasiswa KKN UM melakukan kegiatan pengarahan dan sosialisasi Covid-19 di MI Cibeureum Legok, Desa Sukaraja (Kec. Sukaraja, Sukabumi). Pengarahan dan sosialisasi dilakukan terhadap siswa kelas IV MI Cibeureum Legok dengan durasi selama 1 jam setiap harinya.  Kegiatan dilakukan guna memberikan kesadaran pada siswa sekolah akan bahaya dan cara pencegahan penularan Covid-19.

Covid-19 hingga saat ini belumlah usai, beberapa sekolah di Indonesia telah mulai melakukan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka di Sukabumi, Jawa Barat telah diresmikan sejak Januari 2021 lalu. Seluruh siswa termasuk siswa MI Cibeureum Legok menyambut pembelajaran tatap muka dengan penuh semangat. Dalam pelaksanaannya, pengetahuan tentang Covid-19 belum banyak dipahami oleh anak-anak Sekolah Dasar.  

Banyak siswa yang tidak mematuhi protokol kesehatan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut terjadi karena lingkungan yang tidak mendukung, kurangnya informasi serta pengarahan tentang bahaya dan pencegahan Covid-19.  

Salah satu mahasiswa KKN UM menjalankan program pengarahan dan sosialisasi Covid-19 pada anak Sekolah Dasar sebagai program individunya. Kegiatan pengarahan dan sosialisasi tentang Covid-19 di MI Cibeureum legok ini menjelaskan mengenai (1) Apa itu Covid-19; (2) Bagaimana bahaya yang akan ditimbulkan?; dan (3) Bagaimana cara pencegahan penularan Covid-19?

Kegiatan Sosialisai covid-19 kepada Siswa / dokpri
Kegiatan Sosialisai covid-19 kepada Siswa / dokpri
Presentasi Sosialisasi covid-19 kepada siswa / dokpri
Presentasi Sosialisasi covid-19 kepada siswa / dokpri
Kegiatan diawali dengan pengenalan Covid-19. Penyampaian materi dilakukan dengan menonton video edukasi (diambil dari internet) serta menjelaskan "apa itu Covid-19?"

Kemudian siswa diberikan penjelasan mengenai bahaya dari Covid-19 serta gejala yang ditimbulkan. Pelaksanaan dilakukan dengan cara pemaparan dengan menggunakan gambar-gambar sebagai bentuk penunjang penyampaian materi. Siswa lalu diberikan tips dan cara pencegahan penularan Covid-19, penjelasan mengenai ini dilakukan dengan menggunakan poster 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) serta siswa diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Praktik cara bersalaman dengan orang lain semasa covid-19 / dokpri
Praktik cara bersalaman dengan orang lain semasa covid-19 / dokpri
Berbagai tips dalam pencegahan penularan Covid-19 telah disampaikan oleh mahasiswa KKN UM seperti selalu menerapkan 3M, membawa bekal dan alat solat dari rumah masing-masing, membatasi kegiatan di luar rumah serta mengkonsumsi makanan bergizi. Antusias serta berbagai respon positif ditunjukkan oleh siswa pada setiap pertemuannya. 

Diketahui dari mahasiswa KKN UM (Syifa Salsabila Nurhadi/Program Studi S1 Kimia) yang memberikan pengarahan dan sosialisasi bahwa setiap siswa di sekolah ini memiliki semangat belajar yang tinggi.  Kini, siswa lebih memahami bagaimana bahaya yang ditimbulkan dan cara pencegahan penularan Covid-19. Hingga saat ini, siswa MI Cibeureum Legok menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak dalam setiap kegiatan belajar mengajarnya.

VIDEO PILIHAN