Mohon tunggu...
Dara PandanNinggara
Dara PandanNinggara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Love Yourself

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Heboh, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala Membuat Buku Tiga Dimensi

25 Juli 2021   12:11 Diperbarui: 25 Juli 2021   12:34 165 1 0 Mohon Tunggu...

Juli 2021, UPT Percetakan dan Penerbitan Syiah Kuala University Press, kembali menerbitkan buku yang cukup berbeda dari biasanya,  yaitu buku 3 dimensi dengan judul Zoonokids. Karya ini dibuat oleh mahasiswa kedokteran hewan Universita Syiah kuala yang sedang mengikuti ajang PKM (Pekan Kreatifitas Mahasiswa) di bidang Kewirausaahan, diantaranya ialah Dara Pandan Ninggara Arianto, Muhammad Rifqi Al-Ikhzan, Muhammad Ridho Fahkrozi, Mala Firanti Anursa, dan Wanda  Ferdiansyah.

Mengapa buku tiga dimensi? Tentu hal ini menjadi sebuah pertanyaan mendasar untuk pembaca. Buku tiga dimensi merupakan sebuah media baru dalam pemebelajaran yang menarik minat baca siswa. Buku ini merupakan buku kreasi yang dapat dibaca  dengan sudut pandang tiga dimensi serta penjelasan yang menarik dan mudah dipahami sesuai dengan minat pasar dari buku ini adalah anak-anak dari rentang umur 10 sampai 15 tahun.

Pengetahuan dan pemahaman terhadap sesuatu dapat meningkatkan kesadaran terhadap berperilaku. Itulah faktor yang mendorong kelima Mahasiswa FKH untuk yakin bahwa Zoonokids adalah solusi dalam mengupayakan peningkatkan pemahaman dan kesadaran anak-anak agar terhindar dari penyakit zoonosis. Zoonosis sendiri adalah penyakit dari hewan yang menular pada manusia. Menurut World Organisation for Animal Health (OIE) beberapa penyakit yang digolongkan dalam zoonosis tersebar ke seluruh penjuru dunia dan dapat ditemukan di Indonesia misalnya rabies, brucellosis, antraks, salmonellosis,tuberkolosis, avian Influenza, toxoplasmosis dan lain-lain. Merebaknya wabah penyakit zoonosis dapat diantisipasi dengan pemahaman secara menyeluruh mengenai penyakit tersebut di kalangan masyarakat terutama anak-anak, maka penulis yang tidak lain adalah mahasiswa kedokteran hewan membuat solusi berupa gagasan inovatif melalui sebuah buku tiga dimensi dengan judul Zoonokids (ayo bersama mengenal Monzo).

Zoonokids adalah buku fiksi edukasi yang dilengkapi barcode selaras dengan perkembangan teknologi masa kini, yang dapat terhubung pada smartphone. Dimana barcode ini merupakan suatu inovasi teknologi yang berisi video animasi edukatif disertai dengan lagu-lagu anak mengenai zoonosis, dan juga apresiasi kepada anak-anak yang telah berhasil menyelesaikan tantangan dari buku Zoonokids.

Buku ini bercerita tentang Ani dan Budi yang akan melakukan study tour keliling Sumatra dari Sabang sampai ke Lampung, disana mereka ditemani oleh Pak Guru selaku wali kelas mereka. perjalanan mereka akan dipenuhi dengan kasus penyakit yang saat itu menyerang kota, dibantu oleh drh. 

Nuna yang akan menjelaskan tentang penyakit dan cara menghindarinya. Hingga Budi, Ani dan teman-teman bisa melewati perjalanan dengan menyenangkan dan terbebas dari bahaya zoonosis. Selain itu, cerita yang menarik ini juga di lengkapi oleh banyak game untuk menemukan barcode yang akan berisi hadiah untuk pembaca.

Wah menarik banget kan bukunya?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN